Bursa Jepang hijau setelah BoJ menggelar pertemuan



TOKYO. Bursa saham Jepang menguat setelah bank sentral Jepang melakukan pertemuan untuk membahas kebijakan moneter. Sementara itu, pelemahan nilai yen menjadi harapan bagi eksportir untuk mendulang keuntungan.

Indeks Topix naik 0,6% menjadi 1.301,71 pada pukul 10:51 waktu Tokyo. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average melonjak 1,4% menjadi 15.853,27. Sementara itu, yen melorot 0,4% menjadi 104,54 per dolar Amerika Serikat (AS).

Saham yang naik diantaranya Toyota Motor Corp dengan kenaikan 1,1%. Kemudian saham Fujikura Karet Ltd naik 4,8%. Selain itu ada saham Alps Electric Co yang naik dan memimpin kenaikan dalam indeks Nikkei 225 Stock Average.


Sedangkan saham yang turun adalah saham maskapai penerbangan ANA Holdings Inc yang turun 3,5% karena Bank of America Merrill Lynch Unit Corp's memangkas proyeksi sahamnya.

"Penguatan terjadi karena Bank of Japan (BoJ) melakukan hari ini, investor mengamati proyeksi ekonomi dan juga inflasi," terang Toshihiko Matsuno, analis dari SMBC Friend Securities Co di Tokyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri