Bursa Jepang melorot setelah pengumuman BOJ



TOKYO. Investor lanjut mengamankan dana tunai di bursa Jepang setelah mendengar pernyataan Bank of Japan hari ini, Rabu (21/1). Pasar juga mengantisipasi rencana perluasan stimulus yang diumumkan bank sentral Eropa (ECB) besok.

Indeks Topix merosot 0,8% menjadi 1.386,39 pada pukul 13:36 waktu Tokyo. Nikke 225 juta merosot 0,8% ke level 17.234,47.

Sedangkan yen menguat 0,8% menjadi ¥ 117,87 per dollar AS, setelah melemah tiga hari sebelumnya.


"Pernyataan BOJ menambah aksi profit taking. Sulit mengambil posisi agresif sebelum pengumuman ECB," kata Hiroaki Hiwada, Strategist di Toyo Securirites Co pada Bloomberg.

Bank sentral Jepang hari ini mengumumkan memangkas target inflasi 1% mulai tahun fiskalnya April mendatang. Proyeksi inflasi dipangkas dari 1,7% akibat penurunan harga minyak mentah dunia.

Selain itu, tidak ada pelonggaran ekonomi baru. BOJ mempertahankan basis moneter ¥ 80 triliun (US$ 674 miliar), seperti yang diperkirakan pasar.

ECB besok akan menggelar pertemuan. Pasar memperkirakan, bank sentral Eropa ini akan mengumumkan dana stimulus € 550 miliar (US$ 640 miliar) dalam bentuk pembelian obligasi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia