Bursa saham AS terdongkrak optimisme Ukraina



NEW YORK. Bursa saham Amerika Serikat (AS) naik terdorong optimisme gencatan senjata di Ukraina. Saham AS juga terdorong oleh kenaikan keuntungan Cisco Systems Inc dan TripAdvisor Inc.

Indeks Standard & Poor 500 naik 0,6% pada pukul 09:52 di New York. Sedangkan The Nasdaq Composite Index menguat 0,7% ke level tertinggi sejak Maret 2000. Saham Cisco naik 8,6% sedangkan saham TripAdvisor naik 4,3%.

Kenaikan saham AS seiring dengan kenaikan indeks ekuitas di Eropa. Stoxx Europe 600 Index naik 0,8% termasuk Indeks ASE Yunani naik 4,3%. Sementara itu nilai tukar Yen menguat 0,8% terhadap dolar AS dan harga minyak AS melonjak lebih dari 4% seiring dengan pada spekulasi penguatan permintaan.


Cisco melaporkan laba kuartalan dan penjualan yang melampaui estimasi. Pendapatan TripAdvisor juga dilaporkan mengalahkan perkiraan sebelumnya. "Perusahaan yang berbasis di AS telah membuktikan bahwa mereka adalah tempat terbaik untuk berinvestasi," kata Richard Sichel, Chief Investment Officer (CIO) Philadelphia Trust Co.

Kenaikan bursa saham AS naik seiiring dengan kesepakatan gencatan senjata di Ukraina seperti diumumkan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun saat ini bursa AS masih menunggu hasil pertemuan antara Menteri Keuangan Yunani dan sejumlah negara kreditur Euro di Brussel. Pertemuan ini membahas kesepakatan akhir utang Yunani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa