Bursa Saham Asia Naik Jumat (11/8), Terkerek Inflasi AS Lebih Rendah dari Perkiraan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bursa saham Asia Pasifik naik pada hari Jumat (11/8). Setelah inflasi di Amerika Serikat (AS) lebih rendah daripada yang diperkirakan, meningkatkan harapan pasar dapat melihat "soft landing" dalam perang inflasi.

Harga konsumen bulan Juli naik 3,2% secara tahunan, lebih rendah dari konsensus 3,3% dari para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones.

Pada basis bulan ke bulan, inflasi meningkat 0,2%, sejalan dengan perkiraan.


Baca Juga: Wall Street Menghijau: Dow Ditutup Naik Tipis Terangkat Penurunan Inflasi AS

Laporan ini juga mengatakan bahwa pendapatan mingguan rata-rata riil tidak berubah bulan lalu, sebuah tanda positif lainnya.

Namun, tingkat inflasi inti - yang menghilangkan harga makanan dan energi - berada di 4,7%, terendah sejak Oktober 2021 dan lebih rendah dari ekspektasi 4,8%.

Di Asia, indeks S&P/ASX 200 Australia sedikit di atas garis datar. Sementara Kospi Korea Selatan naik 0,34% dan Kosdaq naik 0,11%. Pasar Jepang tutup untuk hari libur nasional.

Kontrak berjangka untuk indeks Hang Seng Hong Kong berada di 19.292, menunjukkan pembukaan yang lebih kuat dibandingkan dengan penutupan HSI di 19.248,26.

Baca Juga: Simak Rekomendasi Saham MPMX, TOBA, dan GJTL Untuk Jumat (11/8)

Semalam di AS, ketiga indeks utama menguat karena inflasi yang lebih lemah, dengan Dow Jones Industrial Average bertambah 0,15%. S&P 500 naik tipis 0,03% dan Nasdaq Composite naik 0,12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto