Buyback saham MNCN belum mampu mencapai target



JAKARTA. PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menjadi emiten yang paling rajin melakukan buyback. Hari ini saja emiten yang digawangi Hary Tanoesoedibjo itu kembali melakukan buyback.

Jadi, berdasarkan data yang dihimpun KONTAN, (17/12), dari awal eksekusi buyback tanggal 28 Agustus hingga hari ini, MNCN sudah melakukan buyback sebanyak 41 kali. Manajemen melakukan buyback atas 139,97 juta saham dengan rata-rata pembelian Rp 2690,85 per saham.

Dengan level harga tersebut, artinya MNCN sudah mengeluarkan Rp 376,74 miliar. Sayang, dana sebesar itu belum bisa mencapai semua target yang diinginkan perusahaan melalui buyback tanpa RUPS ini.


Pertama, sesuai dengan aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait buyback tanpa RUPS, emiten hanya diperbolehkan melakukan buyback paling banyak 20% dari modal yang ditempatkan dan disetor. Sementara, dengan realisasi buyback atas 139,97 juta saham, artinya realisasi buyback MNCN baru sebesar 0,9% dari total modal ditempatkan dan disetor MNCN, sebanyak 14,06 miliar saham.

Kedua, hal yang justru membuat buyback MNCN terkesan sia-sia adalah, terkait target harga saham MNCN. Disclosure yang dikeluarkan MNCN awal September lalu menyebutkan, buyback baru akan dihentikan jika harga saham MNCN ada di level Rp 3.500 per saham.

Tapi, hari ini saham MNCN ditutup turun 75 poin atau melemah 2,97% ke level Rp 2.450 per saham. Bahkan, jika dirunut sejak awal buyback dilakukan, harga saham MNCN justru turun 8% dari sebelumnya ada di level Rp 2.675 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri