BYD Akan Membangun Pabrik Baru di Pakistan



KONTAN.CO.ID - KARACHI. Raksasa kendaraan listrik China, BYD pada Sabtu (17/8) mengumumkan rencana untuk membuka pabrik mobil di Pakistan. BYD juga akan mulai menjual tiga model melalui kemitraan dengan Mega Motors.

BYD adalah pendatang pertama kendaraan listrik baru (NEV) di pasar Pakistan. Tapi negara ini kekurangan infrastruktur pengisian daya.

"Masuknya kami ke pasar Pakistan bukan hanya tentang menghadirkan kendaraan canggih kepada konsumen," kata Liu Xueliang, manajer umum BYD untuk Asia Pasifik. Namun dia menambahkan, jika ini tentang mendorong visi yang lebih luas tentang tanggung jawab lingkungan dan inovasi teknologi.


Baca Juga: Lebih Irit Dari Avanza, Ini Harga Mobil Listrik Seven Seater BYD M6 Agustus 2024

BYD juga berencana membuka tiga toko utama dan pusat pengalaman di Karachi, Lahore, dan Islamabad. BYD juga akan mulai menjual dua model SUV dan sedan mulai kuartal keempat tahun 2024.

Mega Motors adalah unit dari perusahaan utilitas swasta terbesar di Pakistan Hub Power Co Ltd yang dikenal sebagai Hubco.

"Kami akan mendirikan pabrik perakitan NEV pertama di Pakistan yang didedikasikan untuk memproduksi kendaraan energi baru mutakhir BYD," kata Kepala Eksekutif Hubco Kamran Kamal. Dia bilang kesepakatan ini menjadi investasi penting. Pabrik baru itu akan mulai beroperasi pada tahun 2026.

Hubco akan mendirikan stasiun pengisian daya cepat di kota-kota besar, jalan tol, dan jalan raya untuk meningkatkan infrastruktur pengisian daya Pakistan.

Editor: Avanty Nurdiana