ByteDance Dikabarkan Bakal Lakukan PHK di Tokopedia, Begini Dampaknya ke GOTO



KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Induk usaha TikTok, yakni ByteDance Inc dikabarkan berencana menghentikan hampir 80% layanan Tokopedia. Adapun PT Tokopedia telah dikendalikan oleh TikTok Pte. Ltd. 

Berdasarkan kabar yang beredar, gelombang Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akan dimulai pada Juni 2024. Diperkirakan jumlah karyawan yang akan terdampak mencapai ribuan. 

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan hampir 70% karyawan Tokopedia dianggap tidak lagi dibutuhkan. Dari sekitar 2.772 karyawan, nantinya akan hanya beberapa ratus karyawan saja. 


Baca Juga: Begini Upaya Gojek Tokopedia (GOTO) Dorong Digitalisasi Ekosistem di Kawasan IKN

Adapun PHK tersebut dikabarkan akan dilakukan dalam beberapa tahap. Untuk karyawan yang terkena di tahap awal, akan diberikan masa tunggu selama dua bulan. 

Selama masa tersebut karyawan yang terdampak masih akan mendapatkan gaji penuh, tetapi tidak memiliki tanggung jawab secara operasional. Nantinya setiap karyawan yang terdampak juga akan mendapatkan pesangon. 

Baca Juga: HIPMI Yakin Sinergi TikTok Shop dan Tokopedia Ikut Percepat UMKM Go Digital

Meski kini PT Tokopedia telah dikendalikan oleh TikTok, tetapi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masih memiliki porsi saham sebesar 25%. KONTAN telah menghubungi manajemen GOTO, tetapi hingga tulisan ini dipublikasikan belum ada tanggapan.

KONTAN juga mencoba menghubungi manajemen PT Tokopedia, TikTok Indonesia dan ByteDance melalui pesan tertulis. Namun hasilnya masih sama, belum ada tanggapan sama sekali sampai tulisan ini terbit. 

Editor: Noverius Laoli