CaixaBank menjual saham Erste senilai US$ 1,7 miliar



KONTAN.CO.ID - LONDON. CaixaBank SA telah menarik diri dari Erste Group Bank AG sekaligus mengakhiri kiprahnya selama satu dekade di pasar perbankan Austria.

Dilansir dari Bloomberg, menurut sebuah pernyataan pada hari Jumat (5/11), bank Spanyol ini menjual 23,3 juta saham, atau 5,42% saham, seharga 38 euro atau setara US$ 43,9 per saham.

Bank tersebut juga menyelesaikan penukaran ekuitas terkait dengan sisa 19,3 juta sahamnya di Erste Group.

Baca Juga: Amerika Serikat incar pemasukan pajak dari investor kripto

Sebuah lembaga yang tidak disebutkan namanya telah berkomitmen untuk memesan 4,3 juta saham yang dikonfirmasi. Pemberi pinjaman Spanyol ini adalah bagian dari konsorsium yang menyatukan beberapa pemilik terbesar Erste Group, termasuk Erste Foundation.

Saham Erste Bank naik 5,3% pada hari Jumat menjadi 40,8 euro yang merupakan level tertinggi sejak Mei 2018. Bank Austria ini adalah saham berkinerja terbaik di Stoxx 600 Bank Index. Saham CaixaBank naik 0,7%.

Selama lebih dari satu dekade, CaixaBank telah menjadi pemegang saham yang sebagian besar pasif di Erste Group Bank, dan kepemilikannya pada awalnya merupakan bagian dari upaya untuk menolak upaya akuisisi yang tidak diinginkan.

Selanjutnya: Impor minyak mentah China pada Oktober anjlok ke level terendah dalam tiga tahun

Editor: Tendi Mahadi