Cantiknya laba perusahaan kosmetik global



PARIS. Tahun lalu, bisnis kosmetik masih menujukan kecantikannya. Lalu, L'Oreal SA, Estee Lauder dan unit kecantikan Procter&Gambler (P&G) juga yakin tampil menawan tahun ini.

Kemarin, L'Oreal melaporkan, laba operasional sepanjang tahun 2012 naik 12% dibandingkan setahun sebelumnya menjadi € 3,7 miliar (US$ 4,96 miliar). Penopang pertumbuhan ini, pencapaian ciamik di kuartal terakhir tahun lalu, yaitu kenaikan penjualan 5,3%.

"Pertumbuhan pendapatan melampaui pencapaian industri karena mencapai target di pasar baru, seperti China yang bisa menjadi sumber pendapatan terbesar," kata Chairman dan Presiden Direktur (CEO) L'Oreal, Jean-Paul Agon. Dia dalam wawancara dengan Radio Classique juga mengatakan, mempertimbangkan akuisisi tahun ini.


Sepanjang tahun 2012, Laba bersih L'Oreal tumbuh 17% menjadi € 2,87 miliar dan penjualan meningkat 10% menjadi € 22,5 miliar. Pertumbuhan penjualan terbesar dicatat Active, unit terkecil L'Oreal yaitu 7,1%. Sedangkan produk konsumer tumbuh 5,8%, penjualan rantai Body Shop naik 4,1%, dan bisnis dermatologi naik 0,9%.

Saham L'Oreal naik ke posisi tertinggi dalam 2,5 tahun di bursa Paris, pasca menyampaikan siap melampaui pertumbuhan pasar kosmetik di tahun 2013. Perusahaan juga mengatakan akan melakukan pembelian kembali saham (buyback) sebesar € 500 juta di pertengahan tahun nanti.

Estée Lauder dan P&G

Pesaingnya, Estée Lauder Companies Inc juga mencatat pertumbuhan. Penjualan untuk periode kuartal II-2013 yang berakhir 31 Desember naik 7% menjadi US$ 2,93 miliar. Sedangkan laba bersih tumbuh 14% pada periode tiga bulanan ini menjadi US$ 457 juta.

Fabrizio Freda, Presiden dan CEO Estée Lauder, yakin mencetak pertumbuhan lebih besar di sisa fiskal 2013 ditopang efisiensi, pemasaran, inovasi, dan mempertahankan produk yang disukai pasar. "Kami mengharapkan pertumbuhan solid di Amerika Serikat (AS), banyak negara berkembang dan e-commerce," kata Freda. Dia menargetkan, pertumbuhan penjualan naik 6%-7%.

Bisnis perawatan kulit dan tubuh juga menjadi salah satu penyumbang terbesar bisnis P&G. Pada laporan keuangan tahun 2012, produk kecantikan seperti Olay, Head & Shoulder, Pantene, SK-II menyumbang 24% dari total penjualan 2012, berada di belakang bisnis perawatan kain dan rumah yang berkontribusi 32%.

Penjualan produk kecantikan P&G pada 2012 naik 2% menjadi US$ 20,3 miliar. Namun laba bersih menurun 1% akibat  penurunan margin.                                             n

Editor: