Canva Kini Memiliki Elemen dan Template Bertema Budaya Indonesia, lo



MOMSMONEY.ID - Bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional, platform komunikasi visual Canva memperkenalkan serangkaian elemen dan template desain baru yang terinspirasi oleh warisan budaya Indonesia. 

Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Canva dalam menciptakan produk Lokal Banget (Truly Local) seiring dengan pengguna Canva di Indonesia yang terus berkembang. 

"Kami bersemangat memperkaya rangkaian desain khas Indonesia di Canva, dengan adanya penambahan motif-motif batik yang indah ke dalam koleksi elemen tradisional khas Indonesia," kata Ruoshan Tao, Head of Marketing for Southeast Asia and Latin America Canva, dalam keterangan tertulis. 


Hal ini memperkuat dedikasi Canva dalam memberdayakan para pelaku kreatif untuk menganut dan mengekspresikan nuansa budaya melalui desain. 

"Komunitas kami di Indonesia sekarang dapat mengakses lebih banyak rangkaian elemen autentik dan template yang didesain secara profesional untuk menampilkan warisan budaya yang abadi dan menghidupkan ide kreatif mereka," ujar Ruoshan. 

Template dan elemen Lokal Banget khas Indonesia mulai diperkenalkan pada 2020. Tema yang dicakup antara lain adalah perayaan, budaya, makanan, pariwisata, olahraga, acara, dan lain-lain.

Baca Juga: Panduan Cara Menghapus Background Foto di Canva untuk Pemula

Beberapa elemen paling populer dicari dari berbagai topik tersebut termasuk Nasi Goreng, Sate, Nasi Padang, Orangutan, Harimau Sumatra, Candi Borobudur, Jakarta, Bali, dan Taman Nasional Komodo.

Pustaka Canva makin kaya dengan koleksi yang terinspirasi oleh kekayaan budaya Indonesia yang semarak ini dengan topik-topik seperti masyarakat lokal, seni, tempat bersejarah, motif batik, dan masih banyak lagi.

Sekadar informasi, Indonesia merupakan salah satu pasar terbesar Canva. Salah satu upaya untuk memperbesar pasar di Indonesia adalah Canva bermitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi memberdayakan lebih dari 77.000 guru melalui Canva untuk Pendidikan (Canva for Education).

Selain itu, terdapat komunitas yang beranggotakan lebih dari 270 kreator yang amat produktif memanfaatkan Canva. 

Canva tersedia dalam lebih dari 100 bahasa, termasuk bahasa Jawa, Sunda, dan Bahasa Indonesia yang merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan saat membuat konten dan template lokal di Indonesia.

Berikut cara mengakses elemen Indonesia di Canva:

  1. Buka desain di Canva misalnya doc, presentasi, konten medsos, atau yang lain
  2. Pada sisi kiri dokumen klik menu elemen
  3. Di kotak cari, tulis kata kunci dari elemen yang ingin ditambahkan atau dimanfaatkan
  4. Setelah mengetik kata kunci, elemen yang sesuai akan disajikan dalam bentuk grafis, foto, atau video
  5. Klik elemen yang diinginkan dan tempatkan di dokumen sesuai keinginan Anda
Seiring dengan upaya Canva untuk membangun kemitraan di Indonesia secara lebih mendalam, untuk pertama kalinya, Canva juga akan hadir di Inacraft.

Acara ini merupakan pameran kerajinan terbesar di Indonesia yang mengedepankan hasil kerajinan dan para pengrajin, berlangsung pada 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center. 

Selanjutnya: Aliran Kredit Berpeluang Mengucur Deras pada Era Pemerintahan Prabowo-Gibran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Danielisa Putriadita