Capim KPK Datangi Kantor Kemensetneg untuk Jalani Tes Tertulis Pagi Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai berdatangan ke Kantor Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (31/7/2024).

Mereka datang untuk mengikuti tahapan seleksi tes tertulis sebagai Capim KPK Periode 2024-2029 yang akan dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB.

Pengamatan Kompas.com, tampak hadir sejumlah tokoh yang mendaftar Capim KPK, di antaranya Eks Mantan Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) Sudirman Said.


Selain itu, terlihat Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung (Kejagung) Harli Siregar, serta para calon dari internal KPK misalnya Nurul Ghufron, Johanis Tanak, Pahala Nainggolan dan Wawan Wardiana.

Hadir pula Komisioner Kompolnas Poengky Indrarti, Eks Juru Bicara KPK Johan Budi dan mantan pegawai KPK Giri Suprapdiono, serta para Capim lainnya.

Baca Juga: Pansel KPK: 236 Capim dan 146 Calon Dewas KPK Lolos Seleksi Administrasi

Setelah itu, para peserta seleksi kemudian arahkan untuk masuk ke ruang tes tertulis di dalam Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kemensetneg.

Para Capim KPK Periode 2024-2029 baru diperkenankan memberikan keterangan pers kepada awak media setelah menjalani tes tertulis.

Sebagai informasi, para capim dan calon dewan pengawas KPK bakal menjalani tahapan tes tertulis pada Rabu (31/7/2024).

Tes ini diikuti oleh 236 capim KPK dan 146 calon Dewas KPK yang telah dinyatakan lolos tahapan administrasi oleh panitia seleksi (Pansel).

Ketua Pansel KPK Periode 2024-2029 Muhammad Yusuf Ateh menjelaskan, sebanyak 236 Capim KPK yang lolos seleksi administrasi terdiri dari 221 laki-laki dan 15 perempuan.

Sedangkan untuk 140 calon Dewas KPK yang lolos seleksi administrasi, terdiri dari 16 orang perempuan dan 130 orang laki-laki

"Yang dinyatakan lulus sebanyak 236 orang (74 persen dari total pendaftar), untuk capim KPK dan sebanyak 146 orang (71 persen dari total yang mendaftar) untuk calon Dewas KPK," ujar Ateh di Kantor Kemensetneg, Jakarta Pusat, Selasa (24/7/2024).

Adapun mayoritas Capim maupun calon Dewas KPK yang lolos seleksi administrasi berasal dari kalangan akademisi. Selebihnya berasal dari lembaga swadaya masyarakat (LSM), Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian/Lembaga, Pegawai BUMN, Hakim, Jaksa dan pihak swasta.

Nama-nama pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi akan diumumkan pada hari ini melalui situs Kementerian Sekretariat Negara (www.setneg.go.id) dan website Komisi Pemberantasan Korupsi (www.kpk.go.id).

Baca Juga: Pasca-terpilihnya Firli, Tsani Annafari akan mundur dari jabatan penasihat KPK

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Para Capim KPK Datangi Kantor Kemensetneg untuk Jalani Tes Tertulis", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/07/31/09092091/para-capim-kpk-datangi-kantor-kemensetneg-untuk-jalani-tes-tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati