Caplok saham Vodafone, Verizon kantongi US$130 M



NEW YORK. Verizon Communications berencana membuat kesepakatan senilai US$ 130 miliar untuk mengakuisisi Vodafone. Saat ini, proses akuisisi tersebut dikabarkan sudah mencapai tahap akhir.

Namun Vodafone mengatakan, pihaknya masih melakukan pembicaraan lanjutan dengan Verizon terkait penjualan 45% saham perusahaan tanpa ada target kapan kesepakatan bisa diteken.

"Pengumuman lebih lanjut akan dilakukan sesegera mungkin," kata pernyataan tersebut.

Menurut sumber yang diberitakan Bloomberg, ketentuan perjanjian yang diusulkan , Vodafone akan mendapatkan US$ 60 miliar tunai , dan US$ 60 miliar bentuk saham Verizon , serta tambahan senilai US$ 10 miliar. Sehingga nilai kesepakatan mencapai US$ 130 miliar.

Untuk mendanai kesepakatan itu, Verizon telah mendapatkan pembiayaan US$ 65 miliar dari empat bank : JPMorgan Chase & Co , Morgan Stanley , Barclays Plc dan Bank of America Merrill Lynch.

Bank-bank tersebut telah berkomitmen melakukan pembiayaan yang diharapkan. Menurut sumber, komisaris Vodafone yang dijadwalkan bertemu hari Minggu mengakui setuju kesepakatan itu. Sayangnya, mereka menolak berkomentar.

Editor: Asnil Amri