Cara Agar Kolong Mobil Tidak Cepat Berkarat



MOMSMONEY.ID - Kolong mobil atau bagian bawah mobil merupakan bagian yang sering terlupakan dalam perawatan kendaraan. Padahal, area ini sangat rentan terhadap karat yang bisa merusak komponen penting mobil.

Jika kolong mobil berkarat, struktur seperti subframe, knalpot, hingga komponen penting lainnya dapat rusak dan menyebabkan menurunnya keamanan dan stabilitas saat berkendara. Bahkan, bagian bawah mobil yang mengalami kerusakan parah dapat berpengaruh pada sistem mekanis seperti rem dan suspensi.

Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan cara mencegah karat di kolong mobil agar kendaraan tetap prima. Yuk simak di bawah ini :


Mencegah lebih baik daripada mengobati. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah karat di kolong mobil.

1. Rutin membersihkan kolong mobil

Rutin membersihkan bagian bawah mobil merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan untuk mencegah karat. Saat mencuci mobil, jangan lupa membasahi bagian bawah kendaraan untuk melunturkan kotoran, lumpur, atau garam yang menempel.

Setelah dibersihkan memakai pembersih mobil, semprot dengan air hingga tidak ada busa yang menempel.

2. Aplikasikan pelapis anti-karat

Aplikasikan pelapis anti-karat atau cat pelindung sebagai perlindungan ekstra. Lapisan pelindung ini akan mencegah air dan bahan korosif lainnya bersentuhan langsung dengan permukaan logam. Dengan begitu, bagian bawah mobil akan lebih tahan terhadap karat.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Ini Komponen Mobil yang Perlu Diperhatikan

3. Hati-hati saat berkendara

Ketika berkendara, hindari jalanan berlubang atau tergenang air. Jika sempat terendam, segera cuci mobil setelah digunakan.

Selain itu, pilihlah tempat parkir di ruang tertutup yang bebas air hujan dan genangan air. Sebab, kelembapan tinggi bisa mempercepat proses korosi.

4. Perhatian pemakaian bahan kimia

Sampo mobil yang mengandung bahan kimia bisa merusak area kolong mobil jika tidak dibersihkan secara menyeluruh. Karena itu, pastikan memilih bahan pembersih dan cuci mobil dengan benar. Pastikan pula tidak ada sisa bahan kimia yang tertinggal di bagian bawah mobil.

Melakukan langkah-langkah di atas dapat menjaga kolong mobil bebas dari karat. Selain menjaga kondisi mobil dari berbagai risiko yang menyebabkan kerusakan, hal penting lainnya yang harus dilakukan adalah menjaga kendaraan dalam kondisi prima.

Salah satu langkah bijaksana yang bisa dilakukan adalah memiliki asuransi mobil. Dengan asuransi mobil, maka pemilik kendaraan mendapatkan ketenangan pikiran. Sebab, mengetahui memiliki perlindungan finansial jika terjadi berbagai risiko seperti kecelakaan atau bencana alam.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perbaikan mobil, biaya pengobatan, bahkan biaya pertanggungjawaban hukum jika kecelakaan melibatkan pihak ketiga. Tentunya, sesuai polis asuransi yang dimiliki. Jadi, pastikan rawat kendaraan dari berbagai potensi kerusakan dan lindungi dengan asuransi mobil.

Baca Juga: Ini 5 Cara Cerdas Menggunakan Kembali Wadah Plastik di Rumah

Selanjutnya: Pemerintahan Prabowo-Gibran Fokus Perbaiki Kualitas SDM dan Bangun 3 Juta Hunian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika