KONTAN.CO.ID - Selain listrik, air merupakan hal yang esensial dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Penggunaannya pun sangat luas, mulai dari mandi, mencuci pakaian, hingga minum. Di Indonesia, konsumsi air umumnya dikelola oleh PDAM dan ditagihkan setiap bulan. Jumlah tagihan ini sangat bervariasi, tergantung pada konsumsi air Anda di rumah. Nah, untuk mengetahui jumlah tagihan air PDAM dan membayarnya setiap bulan, Anda bisa melakukannya secara online, baik melalui website, e-commerce, maupun platform e-wallet seperti OVO.
- Buka aplikasi OVO di ponsel Anda.
- Di halaman utama aplikasi, pilih menu PDAM.
- Pada halaman selanjutnya, pilih lokasi PDAM berdasarkan tempat tinggal Anda.
- Masukkan nomor pelanggan pada kolom yang tersedia.
- Tekan Lanjut ke Pembayaran.
- Periksa kembali detail berupa nomor dan nama pelanggan yang ditampilkan di layar.
- Jika data yang tertera sudah benar, tekan Konfirmasi.
- Pilih metode pembayaran yang diinginkan (OVO Cash atau OVO Points).
- Tekan Bayar untuk menyelesaikan pembayaran.
- Jika transaksi berhasil, sistem akan mengirimkan notifikasi ke ponsel Anda.
- Simpan bukti pembayaran.
- Tunggu dalam kurun waktu 1x24 jam setelah transaksi pembayaran berhasil.
- Lakukan pengecekan status pembayaran PDAM secara berkala.
- Jika status belum berubah dalam waktu 1x24 jam, hubungi customer support OVO dengan melampirkan bukti pembayaran yang berhasil.