Cara Bikin Handuk Tidak Mudah Bau Apek



MOMSMONEY.ID - Mencium bau apek dari handuk yang barusan dicuci adalah hal yang tidak menyenangkan. Oleh karena itu, simak cara bikin handuk tidak mudah bau apek berikut ini.

Anda tentu pernah mengalami handuk yang terlihat bersih ternyata memiliki bau yang apek. Jika menemukannya, rasanya mencuci handuk jadi sia-sia. 

Handuk mudah bau apek bisa jadi karena mesin cuci yang kotor hingga handuk yang tidak dijemur dengan benar setelah digunakan atau setelah dicuci. 


Baca Juga: Ini Cara Mencuci Jaket Kulit dengan Tepat

Cara bikin handuk tidak mudah bau apek adalah mencegahnya sejak awal. Melansir Martha Stewart, ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat handuk beraroma segar dan bersih!

Cara bikin handuk tidak mudah bau apek

Lakukan pembersihan mesin cuci dengan pemutih

Cara pertama bikin handuk tidak mudah bau apek adalah menjalankan siklus pencucian dengan pemutih. Lakukan siklus ini setidaknya satu bulan sekali untuk menjaga mesin cuci tetap bersih dan terbebas dari residu yang menumpuk.

Apabila mesin cuci Anda kotor maka cucian Anda juga akan bau apek tidak hanya handuk saja.

Baca Juga: Ini Lo Jumlah Deterjen Sesuai dengan Jenis Cucian

Gunakan air panas

Cara kedua bikin handuk tidak mudah bau apek adalah menggunakan air hangat atau panas untuk mencegah jamur dan bau lainnya. Namun, pastikan untuk melihat label instruksi pada handuk untuk memastikan air panas aman untuk handuk mereka. 

Cuci handuk lebih sering

Membiarkan handuk terlalu lama digunakan membuatnya mudah berjamur. Pastikan cuci handuk lebih sering setidaknya setelah 3-4 kali penggunaan. 

Jangan terlalu banyak menggunakan deterjen

Menggunakan deterjen terlalu banyak tidak membuat pakaian lebih bersih. Faktanya, justru membuat pakaian lebih kotor karena meninggalkan banyak residu dan bau. Jadi cara bikin handuk tidak mudah bau apek adalah gunakan deterjen secukupnya. 

Baca Juga: Ini 5 Benda yang Sebaiknya Dicuci Menggunakan Air Hangat

Bersihkan perangkap serat mesin cuci

Mesin cuci memiliki perangkap serat yang mungkin sering lupa Anda bersihkan. Sebaiknya, bersihkan bagian perangkap serat ini setiap kali selesai mencuci. Selain mencegah cucian Anda terkena penumpukan serat, membersihkannya juga bisa mencegah bau apek. 

Itu tadi daftar cara bikin handuk tidak mudah bau apek. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Moms.

Selanjutnya: Hingga Agustus 2024 KUR Cair Rp 195,6 T, Ini Cara & Syarat Pengajuan KUR BRI Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta