Cara Chat dengan Meta AI di WhatsApp, Begini Langkah Mengaksesnya



MOMSMONEY.ID - Meta AI merupakan fitur yang dapat digunakan di WhatsApp. Meta AI adalah asisten pribadi bertenaga AI yang dibuat oleh Meta untuk aplikasi dan situs webnya.

Namun, bagaimana cara chat dengan Meta AI di WhatsApp? Ada beberapa cara chat dengan Meta AI di WhatsApp. 

Anda dapat menggunakan Meta AI di WhatsApp secara mudah dan gratis. 


Baca Juga: Cara Menggunakan Meta AI di WhatsApp, Bisa Bikin GIF hingga Kartu Undangan

Anda dapat mengakses Meta AI di WhatsApp dengan beberapa cara. Cara tercepat adalah membuka WhatsApp dan ketuk Obrolan di menu bawah. Lalu, ketuk ikon Meta AI di bagian atas untuk memulai obrolan.

Alternatifnya, Anda dapat mengetuk bilah pencarian di layar Obrolan dan mengetikkan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan pada Meta AI.

Lalu, ketuk tombol kirim berwarna hijau di sisi kanan bilah pencarian untuk membuka obrolan. Anda juga dapat mengetuk hasil pencarian di bawah judul Ask Meta AI untuk mulai mengobrol dengannya.

Meta AI sekarang akan menjawab pertanyaan Anda, dan Anda dapat mengajukan pertanyaan sebanyak yang Anda mau—tanpa batas. Jika Anda kembali ke layar Obrolan, Meta AI akan muncul di daftar obrolan Anda. Anda kemudian dapat mengobrol dengannya seperti orang lain di WhatsApp.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Meta AI di WhatsApp atau WA, Fitur Baru Mirip Asisten Pribadi

Anda dapat melakukan beberapa hal dengan Meta AI di WhatsApp. 

Misalnya, Anda dapat memintanya untuk memberi Anda definisi atau rekomendasi rutinitas olahraga atau restoran. Ia bahkan dapat menampilkan statistik dan fakta acak yang dapat membantu Anda dalam percakapan atau debat.

Meta AI juga dapat membantu Anda menjadi kreatif. Anda dapat menggunakannya sebagai pembuka cerita saat membuat buku misteri atau cerita pendek yang menarik. Ia bahkan dapat menghasilkan puisi atau haiku untuk Anda.

Jika Anda ingin produktif, Meta AI dapat membuat draf email atau surat lamaran untuk Anda. Meta AI bahkan mampu menyusun cuplikan kode atau melakukan perhitungan.

Meta AI juga merupakan seorang seniman. Ini dapat menghasilkan gambar yang dapat membantu Anda mengkomunikasikan konsep yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata saja.

Ini bisa berupa sesuatu yang kreatif seperti adegan dari sebuah cerita atau sesuatu yang mendidik seperti lapisan sel atau anatomi manusia.

Sebagai alat penerjemah, Anda dapat meminta Meta AI untuk menerjemahkan teks yang ditulis dalam bahasa lain. Ini dapat membantu Anda mengatasi hambatan bahasa. Ini dapat menerjemahkan lusinan bahasa, dan daftarnya akan bertambah seiring waktu seiring Meta memberikan lebih banyak data.

Baca Juga: Cara Bikin Agenda Acara di WhatsApp dengan Mudah, Begini Langkah Membuatnya

Sebelum Anda menikmati Meta AI di WhatsApp, ada baiknya Anda mengetahui beberapa batasan pentingnya. 

Saat ini, ia hanya dapat memahami perintah bahasa Inggris. Selain itu, Meta AI saat ini hanya untuk informasi dan hiburan, artinya Meta AI tidak dapat mengirim pesan dan email atau melakukan apa pun atas nama Anda.

Selain itu, Meta AI mungkin mengalami kesulitan memahami konteks beberapa perintah, terutama jika perintah tersebut ambigu atau rumit. Perintah kompleks dapat berupa apa pun yang memerlukan emosi manusia, pemikiran kritis, pengetahuan ahli, atau pengalaman dunia nyata.

Jika Meta AI salah memahami konteksnya, Meta AI dapat memberi Anda informasi yang salah atau menolak menjawab.

Meta AI juga tidak dapat mengambil keputusan untuk Anda atau menghasilkan sesuatu yang dianggap sensitif, politis, atau berbahaya.

Baca Juga: Bisakah Edit Pesan Terkirim di WhatsApp? Begini Lho Caranya

Beberapa informasi yang diberikan kepada Anda mungkin terkadang bias (bagaimanapun juga, informasi tersebut dilatih oleh manusia). Namun, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk bersikap netral dan objektif.

Meta AI kini menjadi bagian penting dari aplikasi Meta. Anda bahkan dapat menemukan Meta AI di aplikasi Facebook dan Instagram.

Ingat, Meta AI tidak akan berinteraksi dengan Anda kecuali Anda berinteraksi dengannya. Jadi, jangan khawatir; Meta AI tidak akan melakukan apa pun di latar belakang yang tidak Anda inginkan. 

Selain itu, Anda tidak dapat menghapus atau menonaktifkannya, tetapi Anda dapat menonaktifkan Meta AI jika tidak ingin notifikasinya mengganggu Anda.

Nah itulah beberapa cara chat dengan Meta AI di WhatsApp yang dapat Anda coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria