Cara Cuci Karpet supaya Benar-Benar Bersih



MOMSMONEY.ID - Simak cara cuci karpet yang tepat supaya benar-benar bersih.

Karpet yang Anda gunakan harus rutin dibersihkan. Ini penting untuk menjaga penampilannya dan membuat karpet lebih awet. 

Melansir Floor World, sebaiknya Anda membersihkan debu-debu yang menempel di karpet minimal satu minggu sekali.


Gunakan penyedot debu berkualitas tinggi dengan sikat berputar atau bilah pengocok yang mengaduk serat karpet dan melonggarkan kotoran. Fitur ini sudah ada di mesin vacuum cleaner modern. 

Selain itu, jika Anda menumpahkan sesuatu di atas karpet, noda tersebut harus segera dibersihkan. Jika tidak, noda akan menempel secara permanen. 

Penggunaan air saat cara cuci karpet supaya benar-benar bersih juga berpengaruh. Hindari menggunakan air secara berlebihan karena bia menyebabkan jamur dan lumut tumbuh di karpet. 

Baca Juga: Promo Terbatas Official Collectible Jung Kook Cup I Am Still 11-29 September 2024

Jenis mempengaruhi cara cuci karpet supaya benar-benar bersih

Cara cuci karpet supaya benar-benar bersih harus disesuaikan dengan jenis karpet. 

  • Karpet wol: membutuhkan cara mencuci yang lembut. Wol memiliki sifat menyerap yang tinggi, sensitif terhadap kelembabapan, rentan terhadap penyusutan dan mudah kusut jika terkena air berlebihan. 
  • Karpet nilon: lebih tahan kelembaban dari pada wol dan tahan dengan metode mencuci menggunakan air panas atau uap. Namun Anda haris menggunakan larutan pembersih dengan pH seimbang untuk menghindari perubahan warna atau kerusakan serat. 
  • Karpet triexta: dapat menggunakan pencucian dengan metoda uap. Namun bahan kimia yang keras atau sikat abrasif bisa menyebabkan kerusakan serat. 
  • Karpet poliester: harus sering dibersihkan dengan vacuum cleaner atau dicuci secara berkala untuk menjaga penampilan dan keawetannya. 
  • Karpet Polypropylene: mudah rusak jika terkena panas. 
Baca Juga: Daftar Tanaman Herbal Bisa Ditanam di Dapur Tanpa Menggunakan Tanah

Cara cuci karpet supaya benar-benar bersih

Hal-hal yang perlu Anda lakukan sebelum mencucinya

Sebelum cuci karpet sebaiknya singkirkan semua benda dari atas karpet. Kemudian, gunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran dan debu.

Jika ada serat karpet yang longgar atau berjumbai, potong dengan gunting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Setelah itu, uji terlebih dahulu larutan pembersih di area kecil untuk memeriksa apakah karpet tahan dengan larutan tersebut.

Gunakan larutan pembersih buatan sendiri

Cara cuci karpet supaya bersih adalah gunakan larutan yang Anda buat sendiri. Anda bisa menggunakan bahan-bahan seperti cuka putih dan soda kue.

Gunakan air hangat untuk membersihkan karpet wol, air bersuhu ruang untuk karpet sintetis seperti nilon dan poliester.

Mulai cuci karpet Anda

Ada tiga metode yang bisa Anda lakukan untuk cuci karpet supaya benar-benar bersih:

  • Metode kering: taburkan bubuk pembersih kerung atau oleskan busa secara merata di seluruh permukaan karpet.Gunakan sikat karpet untuk meratakan bahan pembersih dan membersihkan karpet. Jika sudah gunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. 
  • Metode uap: tuang air panas pada wadah dan campur dengan larutan pencuci karpet. Ratakan uap ke seluruh permukaan karpet untuk mengekstrak kotoran pada karpet. 
  • Metode mencuci basah: encerkan larutan pencuci karpet kemudian gunakan sikat untuk membersihkan karpet. Jika sudah segera bilas dengan air bersih. 
Baca Juga: Ini Rekomendasi Outfit Stylish untuk Staycation di Bali ala The Barong

Bilas dan keringkan

Setelah dibersihkan, bilas karpet secara menyeluruh dengan air bersih untuk menghilangkan sisa larutan pembersih. Gunakan vacuum untuk mengekstraksi kelembaban berlebih dari karpet, bekerja dalam bagian-bagian kecil untuk memastikan pengeringan menyeluruh.

Pastikan karpet benar-benar kering

Anda perlu memastikan karpet benar-benar kering sebelum meletakannya kembali di ruangan. Setelah menggunakan vacuum Anda bisa menjemurnya di area terbuka rumah yang cukup bersih. Jika sudah benar-benar kering, baru Anda bisa menggunakannya. 

Demikian tips cara cuci karpet supaya benar-benar bersih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, ya, Moms.

Selanjutnya: Lengkap, Ini Harga Tiket & Rute DAMRI Bandara Soekarno-Hatta Ke Jakarta 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta