Cara Download Bluestacks dan Install Emulator Android di laptop atau PC



KONTAN.CO.ID - Begini cara download Bluestacks dan install emulator Android di laptop atau PC. Lewat Bluestacks, Anda menjalankan aplikasi dan game Android langsung di laptop atau PC dan dapat menggunakan mouse dan keyboard juga.

Sudah tahu belum? Ternyata laptop yang kita gunakan sehari-hari untuk mengerjakan tugas atau menyelesaikan pekerjaan tertentu dapat dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah aplikasi atau game Android.

Dengan menggunakan emulator Android, Anda dapat menjalankan aplikasi hingga game yang ada di HP Android, langsung di laptop atau PC Anda dengan layar yang lebih lebar tentunya. Dikutip dari situs Bluestacks, Android Virtual Device atau yang disingkat AVD juga dapat menjalankan aplikasi atau game dari Google Play Store maupun di luar itu dengan mudah.

Dari sisi developer, emulator Android berguna untuk melakukan testing aplikasi yang mereka kembangkan. Namun, emulator Android juga dapat dimanfaatkan oleh gamer yang ingin bermain game Android terus menerus dengan performa terbaik, dengan catatan spesifikasi laptop atau PC yang Anda gunakan sesuai dengan syarat minimum yang dibutuhkan.

Bicara soal emulator, Bluestacks merupakan emulator Android yang cukup menarik untuk dicoba.

Baca Juga: Link Download Vita3K APK Android dan Spesifikasi, Emulator Buat Main Game PS Vita

Sebagai emulator Android, Bluestacks menawarkan segudang fitur yang mendukung gamer bermain game-game Android, seperti Mobile Legends, Free Fire, Rise of Kingdoms dan masih banyak lagi di laptop atau PC. Misalnya, Anda yang hobi main game Android bergenre shooter, secara pintar Bluestacks akan menyesuaikan tombol dengan dukungan keyboard dan mouse di laptop.

Tertarik mau cobain Bluestacks 5 untuk menjalankan aplikasi hingga game Android favorit Anda di laptop atau PC? Sebelum itu, simak spesifikasi dan cara download Bluestacks serta cara install laptop atau PC.

Spesifikasi PC atau laptop Bluestacks:

Minimum: 

  • OS: Windows 7 dan yang lebih baru
  • Processor: Intel atau AMD
  • RAM: 4 GB
  • HDD: Disk Space kosong 5 GB
Recomended:

  • OS: Windows 10
  • Processor: Intel atau AMD Multi-Core Processor with Single Thread benchmark score > 1000.
  • Grafis: Intel/Nvidia/Radeon, Onboard atau Discrete controller with benchmark score >= 750.
  • RAM: 8 GB atau lebih tinggi.
  • HDD: SSD atau Fusion/Hybrid Drives
  • Internet: Koneksi untuk mengakses game, akun, dan konten terkait.
Selain spesifikasi yang menjadi syarat untuk menjalankan Bluestacks di laptop, Anda juga harus mengaktifkan Virtualization di laptop atau PC Anda dalam kondisi On.

Setelah mengetahui spesifikasi laptop atau PC Bluestacks, simak cara berikut ini cara download dan install Bluestacks di laptop atau PC.

Baca Juga: Cara Download Goddess of Victory: Nikke PC yang Bukan Emulator, Lengkap Link Resminya

Cara download dan install Bluestacks di laptop atau PC:

  1. Download Bluestacks dapat mengunjungi website atau situs resminya yang dapat diakses lewat link berikut ini: https://www.bluestacks.com/id/index.html
  2. Setelah proses download Bluestacks emulator Androi di PC ini selesai, klik dua kali file .exe untuk menjalankan proses instalasi.
  3. Silakan ikuti petunjuk yang ada di layar laptop atau PC Anda untuk menyelesaikan proses Bluestacks.
  4. Setelah proses instalasi selesai, klik dua kali icon Bluestacks 5 yang muncul di layar Anda.
  5. Sekarang tinggal login ke Play Store lewat Bluestacks, lalu download aplikasi dan game Android Anda di laptop atau PC.
Demikian pembahasan seputar emulator Android Bluestacks yang dapat Anda download dan install sekarang juga di laptop atau PC. Sekarang saatnya menjalankan aplikasi hingga game favorit Anda di laptop atau PC menggunakan emulator Android Bluestacks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News