Cara Kim Jong Un Menantang Sanksi Barat: Kendarai SUV Mercedes-Benz Terbaru



KONTAN.CO.ID -  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un tampaknya menggunakan model terbaru SUV Mercedes-Benz sebagai kendaraan pribadinya. 

Hal ini dilihat sebagai langkah untuk mengabaikan sanksi internasional yang melarang impor barang mewah ke Korea Utara.

Melansir Yonhap, foto-foto yang dimuat oleh Kantor Berita Pusat Korea pada hari Sabtu (10/8/2024) menunjukkan SUV Mercedes-Benz hitam di kereta khusus yang digunakan Kim untuk mengunjungi daerah-daerah yang dilanda banjir di Kabupaten Uiju di provinsi barat laut Phyongan Utara minggu lalu.


SUV tersebut diperkirakan merupakan model kelas atas dari Mercedes-Maybach GLS 600 4MATIC yang telah diperbarui dan diluncurkan pada bulan April di Korea Selatan. 

Harganya mulai dari 279 juta won (US$ 203.393).

Baca Juga: Korea Utara Dilanda Banjir Dahsyat, Putin Tawarkan Bantuan Kemanusiaan

Kim tampaknya telah mendapatkan SUV Mercedes-Benz kelas atas lainnya, karena ia terlihat menggunakan Mercedes-Maybach GLS 600 pada bulan Januari dalam rekaman yang ditayangkan oleh TV milik pemerintah.

Tindakan tersebut melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) yang melarang pasokan, penjualan, dan transfer barang-barang mewah, termasuk mobil, ke Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara, yang dikenal karena kecintaannya pada Mercedes-Benz, telah tampil di depan publik dengan berbagai kendaraan Mercedes-Maybach kelas S. Ini termasuk mobil limusin. 

Baca Juga: Korea Utara Dilanda Banjir Besar, Lebih dari 4.000 Rumah Terendam

Dia mengabaikan sanksi internasional terhadap program nuklir dan rudal Korea Utara.

Selanjutnya: Tantangan Besar Transisi Pemerintahan

Menarik Dibaca: 5 Tradisi Khas Agustusan Ini Wajib Ada Saat Rayakan Kemerdekaan RI

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie