Cara Kirim Pesan Tanpa Koneksi WiFi dan Internet di iOS 18



MOMSMONEY.ID - Apple semakin menyempurnakan fitur konektivitas untuk mempermudah penggunanya. Berikut ini terdapat cara kirim pesan tanpa koneksi WiFi dan internet di iOS 18. 

Pada iOS 18 terdapat fitur agar pengguna tetap bisa mengirimkan pesan tanpa koneksi WiFi dan internet. 

Ya, fitur ini menggunakan satelit untuk mengirimkan pesan. Pesan melalui satelit memungkinkan pengguna untuk bertukar iMessage dan teks SMS, termasuk emoji dan Tapback, melalui koneksi satelit saat jaringan tradisional tidak tersedia.


Baca Juga: Cara Membuat Video Note WhatsApp untuk Kirim Pesan Tanpa Teks

Apple menggunakan infrastruktur yang disiapkannya untuk SOS Darurat melalui satelit untuk fitur ini, tetapi Anda tidak perlu berada dalam situasi darurat untuk menggunakannya, dan layanan saat ini ditawarkan tanpa biaya tambahan.

Saat iPhone mendeteksi bahwa perangkat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi, perangkat akan memberikan peringatan kepada pengguna yang menawarkan akses cepat ke layanan yang mendukung satelit. 

Layanan tersebut meliputi SOS Darurat, Bantuan Pinggir Jalan, Cari Milik Saya, dan Pesan. Pengguna juga dapat mengakses fitur tersebut langsung dari aplikasi Pesan saat berada di luar jangkauan, dengan iOS yang menyediakan panduan di layar untuk membantu mengarahkan iPhone ke satelit yang tersedia.

iMessages yang dikirim melalui satelit dienkripsi secara menyeluruh. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa meskipun fungsionalitas iMessage didukung sepenuhnya, kemampuan SMS lebih terbatas untuk mencegah penyalahgunaan dari sistem otomatis.

Baca Juga: Cara Mengunci dan Menyembunyikan Aplikasi di iOS 18 Terbaru

Kontak darurat dan anggota keluarga yang ditunjuk dapat memulai kontak SMS kapan saja, tetapi untuk kontak lainnya, pengguna iPhone harus mengirim SMS satelit pertama untuk mengaktifkan respons.

Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Notifikasi Koneksi Anda Tidak Pribadi di Browser

Untuk membiasakan diri dengan fitur yang berpotensi menyelamatkan nyawa ini, Apple telah menyertakan mode demo di iOS 18. Anda dapat mengakses demonstrasi ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

- Buka aplikasi Pengaturan pada iPhone Anda.

- Gulir ke bawah dan ketuk Aplikasi, lalu ketuk Pesan.

- Gulir ke bawah dan ketuk Demo Koneksi Satelit. 

Demo ini memandu Anda melalui proses membangun koneksi satelit dan mengirim pesan, memberikan praktik berharga untuk skenario dunia nyata dan keadaan darurat di mana fitur tersebut mungkin penting.

Meskipun versi saat ini tidak mendukung Rich Communication Services (RCS), Apple dapat menjembatani kesenjangan yang tersisa antara komunikasi tradisional dan berbasis satelit dengan memperluas kemampuan fitur tersebut dalam pembaruan iOS mendatang.

Nah, itulah beberapa cara kirim pesan tanpa koneksi WiFi dan internet di iOS 18. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Susunan Kabinet Prabowo: Bakal Ada Kementerian Koordinator Infrastruktur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria