Cara Melacak Kamera Tersembunyi di Tempat Umum untuk Keamanan Pribadi



MOMSMONEY.ID - Tak banyak yang mengetahui bagaimana cara melacak kamera tersembunyi di tempat penginapan. Berikut ini terdapat cara melacak kamera tersembunyi di tempat umum. 

Cara ini dapat Anda gunakan untuk menjaga keamanan pribadi saat berkunjung di tempat umum. Cara melacak kamera tersembunyi dapat Anda simak di artikel ini. 

Melacak kamera tersembunyi dapat dilakukan menggunakan jaringan internet. 


Baca Juga: Cara Memperbaiki Kamera HP Tidak Berfungsi di Android dan Penyebabnya

Berikut ini cara melacak kamera tersembunyi di tempat umum :

1. Periksa Jaringan Wi-Fi Lokal

Sebagian besar Airbnb menawarkan semacam Wi-Fi tamu. Masuklah ke sana dan masuk ke pengaturan Anda untuk melihat jaringan Wi-Fi dan lihat apakah Anda dapat menemukan semua perangkat yang terhubung.

Gunakan kata sandi login dan kata sandi router di pesawat atau aplikasi yang disediakan untuk mencari bagian tentang perangkat yang terhubung atau terpasang.

Atau jika opsi ini tidak tersedia, Anda dapat mencoba aplikasi pihak ketiga seperti Wireless Network Watcher. 

2. Aktifkan Bluetooth 

Jika kamera tidak terhubung ke Wi-Fi, Anda tetap dapat mendeteksinya dengan Bluetooth. Cukup atur Bluetooth ke mode berpasangan dan lihat perangkat apa saja yang dapat terdeteksi.

Abaikan TV dan teknologi rumah pintar, dan fokuslah pada perangkat misterius yang tidak dapat Anda identifikasi.

Jika perangkat ini memiliki nama yang aneh, cari tahu apakah itu nomor produk kamera atau pengenal serupa. 

Beri Bluetooth Anda waktu beberapa menit untuk mengambil semua perangkat yang tersedia dan berjalanlah dari satu ruangan ke ruangan lain sambil membawa ponsel Anda untuk melihat apakah ada kejutan yang muncul.

3. Lakukan Gerakan dengan Senter

Bahkan kamera yang paling tersembunyi pun tetap memerlukan lensa untuk mengawasi, dan di mana ada lensa, pasti ada pantulan (serta lampu indikator LED). 

Jadi, salah satu cara paling efektif untuk mencari kamera tersembunyi adalah dengan mematikan semua lampu di ruangan, mengaktifkan mode senter di ponsel, dan melakukan pemindaian dengan saksama.

Baca Juga: Cara Menjadikan Kamera HP Sebagai Webcam di Windows 11, Simak Tipsnya

Perhatikan kilatan atau kedipan cahaya yang tidak terduga di tempat-tempat aneh yang mungkin merupakan lensa kamera kecil. Kedengarannya agak aneh, tetapi metode kuno untuk menemukan kamera ini masih merupakan salah satu yang paling efektif.

Untuk menghemat banyak waktu dan kesabaran pada langkah ini, fokuslah pada ruangan tempat kamera mata-mata kemungkinan besar berada, pada dasarnya ruangan mana pun tempat Anda akan melepas pakaian. 

Carilah tempat dan sudut yang menawarkan bidang pandang yang tinggi dan lebar, ada alasan mengapa detektor asap menjadi tempat persembunyian yang populer. Tempat populer lainnya termasuk tanaman, buku, dan lampu.

4. Pindai Inframerah

Banyak kamera menggunakan koneksi inframerah/IR untuk kontrol sederhana, terutama jika tidak menggunakan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi. Itu adalah jenis koneksi yang sama yang digunakan remote TV jadul.

Mata manusia tidak dapat melihat cahaya inframerah, tetapi kamera depan pada banyak ponsel pintar tidak memiliki filter inframerah, atau setidaknya tidak sempurna.

5. Gunakan Aplikasi

Sejumlah aplikasi dapat membantu Anda dengan langkah-langkah di atas. 

Baca Juga: Ini 7 Cara Mengatasi Kamera HP Tidak Berfungsi untuk Memotret

Aplikasi ini dan aplikasi ini mencoba mendeteksi pantulan secara otomatis saat Anda memindai ruangan.

Aplikasi ini biasanya gratis atau murah, tetapi kami sarankan untuk tidak bergantung sepenuhnya pada aplikasi ini jika mata telanjang Anda sendiri dapat melihatnya dengan jelas.

6. Periksa Ventilasi

Orang-orang telah menemukan kamera tersembunyi di berbagai tempat, tetapi kami sarankan untuk mendekat dan melihat langsung ventilasi dinding. Ventilasi sering kali dapat menyembunyikan tanda-tanda cahaya inframerah atau pantulan kecuali Anda berada pada sudut yang tepat. 

Jadi, selain detektor asap, pasang ventilasi tinggi ini di bagian atas daftar Anda jika Anda khawatir.

Jadi, itulah beberapa cara melacak kamera tersembunyi di tempat umum untuk keamanan pribadi. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Dolar AS Mendekati Level Tertinggi 6 Minggu Jelang Laporan Ketenagakerjaan AS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria