Cara Memberi Obat Cair pada Kucing dengan Mudah Tanpa Berontak



MOMSMONEY.ID - Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memberikan obat cair pada kucing, Anda tentu tidak sendirian. Berikut ini cara memberi obat cair pada kucing. 

Memberikan obat cair pada kucing memanglah tidak mudah. Biasanya kucing akan memberontak dan berakhir mencakar si pemilik anabul. 

Namun, ada beberapa cara memberi obat cair pada kucing dengan mudah. 


Baca Juga: Cara Memberikan Obat Pil pada Kucing dan Hewan Peliharaan Lain dengan Mudah

Salah satunya, Anda dapat memberi obat cair pada kucing menggunakan jarum suntik. 

Setiap kucing berbeda-beda, tetapi berikut beberapa tip umum untuk memberikan obat cair kepada kucing Anda dengan aman melalui jarum suntik. 

Seperti biasa, bicarakan dengan dokter hewan Anda tentang tips apa pun yang mereka miliki karena merekalah yang paling mengenal Anda dan kucing Anda. Mereka bahkan mungkin menunjukkan cara melakukannya.

1. Persiapan Awal

Tambahkan jumlah obat dan penyedap rasa yang ditentukan ke dalam semprit. 

Temukan kucing Anda dan pastikan dia tidak dapat melarikan diri dengan mudah ke ruangan atau bagian lain rumah. 

2. Siapkan Kucing Anda

Posisikan kucing Anda di permukaan yang nyaman dan tidak tergelincir. Anda dapat meletakkan handuk atau bahkan membungkusnya dengan handuk. 

Anda sebaiknya melakukan yang terbaik untuk memastikan kucing Anda berada di lingkungan yang nyaman dan familier, alasan lain mengapa Anda mungkin ingin berlatih hanya dengan bahan penyedap terlebih dahulu.

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Aman untuk Hewan Peliharaan yang Bisa Ditanam di Air

Setiap kucing berbeda, tetapi beberapa akan mencoba melarikan diri—sesuatu yang pastinya tidak Anda inginkan terjadi ketika jarum suntik berada di dekat atau di dalam mulut kucing.

3. Menggunakan Jarum Suntik

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu, jauhkan kucing dari Anda. pegang kepala kucing Anda dengan tangan nondominan Anda; dan ambil jarum suntik dengan tangan dominan Anda. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut:

- Sapu kumisnya ke belakang dan miringkan kepala kucing ke atas;

- Masukkan jarum suntik melalui sisi mulut;

- Suntikkan obatnya;

- Usap di bawah dagu kucing untuk memastikan ia menelan

Baca Juga: Kenapa Perut Kucing Kembung dan Keras? Waspadai Penyebab dan Penyakit Ini

Prosesnya mungkin tidak berjalan mulus pada percobaan pertama Anda, namun semoga akan semakin mudah dan cepat seiring Anda dan kucing Anda berlatih.

Ada alternatif utama selain jarum suntik, yaitu dengan meletakkan obat di atas makanan kucing basah. Itu bisa berhasil untuk dosis kecil, terutama jika diberi rasa, kata Demos. Dia akan menyiapkan sedikit makanan dan kemudian menambahkan obat di atasnya. enak!

Potensi kerugiannya adalah kucing Anda mungkin tidak mengonsumsi semua obat yang ada di piring, itulah sebabnya Anda harus memilih metode suntik.

Jadi itulah informasi mengenai cara memberi obat cair pada kucing. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria