Cara Membersihkan Kaca yang Buram, Begini Langkah Tepatnya



MOMSMONEY.ID - Kaca sangat mudah kotor oleh debu dan jamur sehingga mudah terlihat buram dan tak sedap dipandang. Maka simak cara membersihkan kaca yang buram dalam tiga langkah berikut ini.

Jangan buru-buru membuang kaca yang sudah buram, karena Anda bisa membersihkannya sendiri dan membuatnya seperti kaca baru. Caranya pun cukup mudah Moms!

Melansir Architectural Digest, untuk membersihkan kaca yang buram, Anda bisa membuat larutan pembersih sendiri. Campurkan dua bagian air dengan satu bagian cuka putih di dalam botol semprot.


Anda juga bisa menggunakan air hangat dengan beberapa tetes sabun cuci piring. Larutan ini langsung bisa Anda gunakan untuk membersihkan kaca.

Baca Juga: Begini Cara Bikin Ruangan Gelap Jadi Lebih Terang

Begini cara membersihkan kaca yang buram

Siapkan peralatan untuk membersihkan kaca buram

Sebelum membersihkan kaca yang buram, Anda perlu menyiapkan kain microfiber atau wiper khusus kaca. Kedua alat ini adalah yang paling aman untuk menjaga kaca bebas dari goresan. 

Hindari menggunakan handuk kertas karena dapat meninggalkan lapisan serat di seluruh kaca. Siapkan juga sulak atau kemoceng untuk menghilangkan debu pada kaca. Serta handuk atau kain untuk menyerap tetesan air saat membersihkan kaca buram.

Baca Juga: Ini Cara Menghilangkan Bekas Selotip dan Lakban

Bersihkan debu

Cara membersihkan kaca yang buram selanjutnya adalah bersihkan terlebih dahulu debu yang menempel. Anda bisa menggunakan kemoceng atau sulak untuk menghilangkan tumpukan debu berlebih. Ini mencegah kotoran malah menyebar saat Anda membersihkan dengan larutan pembersih.

Semprotkan produk pembersih kaca

Cara membersihkan kaca yang buram adalah semprotkan produk pembersih mulai dari atas. Cukup semprot satu hingga dua kali untuk memulai. Lalu ambil kain microfiber dan bersihkan dengan gerakan berbentuk S atau Z. 

Untuk kaca yang berukuran besar, Anda bisa menggunakan wiper kaca. Setiap kali sudah menggosok kaca dengan wiper, segera lap karet wiper sebelum digunakan lagi. Jika sudah, segera keringkan kaca dengan kain microfiber yang bersih.

Setelah membersihkan kaca yang buram, jika ada bekas goresan segera gunakan kain yang dibasahi air untuk menyekanya. Sebaiknya, Anda membersihkan kaca setiap dua minggu sekali supaya debu yang menumpuk tidak terlalu tebal.

Selanjutnya: Ini Strategi BTN Menjaring Dana Murah Saat Suku Bunga Masih Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta