Cara Membuat dan Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak, Cocok Untuk Menu Sahur



KONTAN.CO.ID -Jakarta. Cara membuat dan resep ayam bakar bumbu rujak relatif mudah dan bisa Anda coba buat di rumah. Ayam bakar bumbu rujak juga sangat cocok untuk dijadikan menu sahur bersama keluarga.

Bahan-bahan untuk resep ayam bakar bumbu rujak juga mudah untuk dicari dan didapatkan di pasaran. Cara membuatnya pun tidak terlalu ribet dan tidak jauh berbeda dengan ayam bakar pada umumnya.

Ayam bakar bumbu rujak adalah salah satu jenis masakan Indonesia yang cara penyajiannya dicampur dengan berbagai macam rempah.


Baca Juga: Simak 8 Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

Melansir dari kanal Youtube Devina Hermawan, salah satu Chef ternama di Indonesia tersebut baru-baru ini membagikan resep dan cara membuat ayam bakar bumbu rujak dengan tekstur yang empuk dan lezat.

Penasaran? Simak resep dan cara membuat pepes ayam kemangi berikut ini: 

Resep Ayam Bakar Bumbu Rujak (untuk 6 porsi)

Bahan marinasi: - 1 ekor ayam broiler @800 gr - 1 buah jeruk nipis - ½ sdt garam - ½ sdt merica

Bahan bumbu halus: - 6 siung bawang putih - 10 siung bawang merah - 5 butir kemiri sangrai - 2 cm jahe, iris - 3 cm kunyit, iris - 4 cm lengkuas, iris - 3 saset terasi - Minyak

Bahan giling: - 11 buah cabai merah - 12 cabai merah keriting - 6 buah cabai rawit merah - 2 buah tomat merah

Baca Juga: Ini 9 Tips Pola Makan Sehat bagi Anda yang Sibuk Kerja

Bahan lainnya: - 2 batang serai - 3 lembar daun salam - 4 lembar daun jeruk - 2 sdm gula merah sisir - 2-4 sdm air asam jawa - 100 ml santan - 300 ml air - ½ sdt garam - 1-2 sdm gula - 1 sdt kaldu bubuk / penyedap

Pelengkap: - Timun - Kemangi - Jeruk limau

Baca Juga: Kenapa Tubuh Cepat Lelah? Simak 8 Alasan Ini

Cara Membuat Ayam Bakar Bumbu Rujak

- Potong ayam menjadi 6 bagian kemudian marinasi dengan perasan jeruk nipis, garam dan merica, aduk rata, diamkan selama 30 menit; - Blender bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, terasi dan minyak hingga halus; - Untuk cabai giling, rebus cabai merah dan cabai keriting selama 5 menit, bilas dengan air; - Blender tomat lalu masukkan cabai merah, cabai keriting dan cabai rawit, blender kasar, sisihkan; - Tumis bumbu halus hingga wangi kemudian masukkan serai, daun salam dan daun jeruk, tumis hingga minyak keluar; - Masukkan cabai giling, aduk rata lalu masukkan ayam, aduk kembali; - Masukkan air asam jawa, gula merah, santan dan air, aduk rata; - Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk, aduk rata, lalu ungkep selama 25-30 menit di api sedang kecil; - Masukkan ayam ke dalam air fryer lalu panggang di suhu 200 derajat 10 menit; - Masukkan ayam ke dalam bumbu, aduk rata; - Ayam bumbu rujak siap disajikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News