Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Menutrisi Rambut, Wajib Dicoba!



MOMSMONEY.ID - Berikut cara membuat masker lidah buaya untuk menutrisi rambut yang wajib Anda coba.

Lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dikenal dapat membantu meringankan kulit yang terbakar akibat sinar matahari.

Selain itu, lidah buaya juga sering digunakan oleh beberapa brand kecantikan untuk melembabkan kulit. Karena sifatnya yang melembabkan, lidah buaya semakin populer sebagai obat untuk rambut dan kulit kering.


Melansir Healthline, penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya memiliki efek anti-inflamasi, melembabkan, mengurangi peradangan, serta memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, Vitamin B12 yang dapat membantu menutrisi dan menguatkan rambut.

Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa tanaman ini dapat membantu menghilangkan ketombe, dan senyawa yang ada di dalamnya juga dapat membantu rambut menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 5 Cara Menyamarkan Bekas Jerawat dengan Makeup, Ternyata Mudah!

Membuat sendiri masker rambut dari lidah buaya mungkin terasa menakutkan bagi mereka yang tidak berpengalaman. Namun Anda tak perlu takut, karena cara membuat masker ini ternyata mudah lho.

Mengutip Byrdie, berikut cara membuat masker lidah buaya untuk menutrisi rambut langsung dari ahlinya.

Bahan:

  • Daun lidah buaya atau gel lidah buaya yang dibeli dari toko.
  • Minyak kelapa dan minyak zaitun atau minyak argan (pilih salah satu).
Cara membuat:

Ekstrak lidah buaya atau apabila Anda menggunakan gel lidah buaya di toko, maka campur 3-4 sendok makan gel lidah buaya dengan 6-8 sendok minyak pilihan Anda pada suhu kamar. Aduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata.

Apabila Anda memiliki masalah kulit kepala dan ingin mengatasi ketombe, Anda dapat menambahkan cuka apel atau minyak pohon teh.

Namun apabila rambut Anda sangat kering, maka pertimbangkan untuk menambahkan telur, yogurt, atau minyak lainnya.

Baca Juga: Apakah Makeup Kedaluwarsa Berbahaya? Ini Kata Para Ahli

Bagaimana Cara Menggunakan Masker Rambut Lidah Buaya?

Ada dua cara menggunakan masker rambut lidah buaya. Apabila Anda hanya fokus untuk menjaga kesehatan rambut, maka Anda cukup mengoleskan masker mulai dari bagian batang hingga ke ujung rambut.

Setelah itu, oleskan sisa masker ke kulit kepala, tutup, dan biarkan selama 15-30 menit. Terakhir, bilas rambut hingga bersih.

Namun apabila Anda memiliki masalah kulit kepala dan ketombe, aplikasikan masker langsung ke kulit kepala yang bersih. Setelah itu, oleskan sisa masker ke seluruh rambut dari bagian tengah hingga ke ujungnya. Bilas hingga bersih dan ulangi langkah ini 4-5 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana Moms, cara membuat masker lidah buaya ini sangat mudah, bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma