Cara Membuat Pot Tanaman dari Botol Plastik Daur Ulang



MOMSMONEY.ID - Berikut ini cara membuat pot tanaman dari botol plastik daur ulang yang dapat Anda manfaatkan dengan mudah. Botol plastik dapat didaur ulang untuk beragam keperluan. 

Salah satunya untuk membuat pot tanaman dari botol plastik. Cara membuat pot tanaman dari botol plastik sangatlah mudah. 

Hal yang diperlukan untuk membuat pot tanaman dari botol plastik yaitu botol plastik bekas, pemotong, lakban, cat semprot, papan kayu dan sekrup. 


Baca Juga: 12 Daftar Bunga Paling Populer di Dunia Menurut Google Tahun 2024

Lalu, bagaimana cara membuat pot tanaman dari botol plastik?

Nah, begini cara membuat pot tanaman dari botol plastik daur ulang. 

1. Potong Botol menjadi Dua

Mulailah dengan memotong botol plastik di tengahnya. Untuk memotong botol plastik menjadi dua, Anda memerlukan benda tajam seperti gunting atau pisau serbaguna.

Berhati-hatilah saat memotong plastik karena bisa tajam dan berpotensi berbahaya. Pastikan untuk mengikuti tindakan pencegahan keselamatan yang tepat, seperti mengenakan sarung tangan pelindung dan menggunakan alat pemotong yang sesuai untuk tugas tersebut.

2. Warnai Botol

Baca Juga: 11 Jenis Sukulen Paling Wangi yang Punya Aroma Menyegarkan

Gunakan cat semprot untuk mewarnainya. Lukisan semprot pada botol plastik bisa menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk memberikan tampilan baru atau menyesuaikannya untuk tujuan tertentu. 

Pegang kaleng cat semprot sekitar 6-8 inci dari botol dan gunakan gerakan menyapu singkat untuk mengaplikasikan cat.

3. Ambil Papan Kayu

Ambil papan kayu dan warnai sesuai keinginan Anda. Mewarnai papan kayu bisa menjadi cara yang menyenangkan dan mudah untuk menambahkan sentuhan pribadi pada rumah Anda atau menciptakan karya seni yang unik.

Penting untuk mengikuti petunjuk pada produk cat dan kondisioner kayu yang Anda gunakan dan berhati-hati saat menangani cat dan pelarut. Kenakan alat pelindung seperti sarung tangan dan masker untuk menghindari menghirup asap.

4. Rekatkan Tepi Botol

Bungkus lakban dekoratif di tepi bagian botol yang dipotong. Anda juga bisa membuat pola untuk mempercantiknya. Tekan selotip dengan kuat pada botol, pastikan untuk menghaluskan kerutan atau gelembung apa pun.

5. Buat Lubang di Bagian Bawah

Buatlah lubang di bagian bawah pot botol plastik Anda untuk drainase dengan menggunakan alat tajam apa pun. Gunakan benda tajam seperti bor, paku, atau pelubang untuk membuat lubang di tengah tutup botol. Anda mungkin perlu menekan tutup botol agar bisa menembus plastik.

6. Tempelkan Botol ke Papan

Gunakan sekrup untuk menempelkan botol plastik ke papan kayu. Penting untuk berhati-hati saat memasang benda pada papan kayu menggunakan sekrup, karena sekrup berpotensi membelah atau merusak kayu jika tidak digunakan dengan benar.

Pastikan untuk mengikuti tindakan pencegahan keselamatan yang tepat, seperti memakai kacamata pelindung dan menggunakan alat pemotong yang sesuai untuk tugas tersebut.

Baca Juga: 4 Manfaat ASI untuk Tanaman yang Ternyata Punya Kegunaan Luar Biasa

7. Pasang Semua Botol

Pasang semua botol plastik ke papan dan tempelkan di dinding di mana botol tersebut dapat menerima sebagian sinar matahari atau setidaknya satu hari penuh terkena sinar matahari langsung.

8. Tambahkan Tanah dan Tanaman

Untuk menambahkan tanah dan tanaman ke dalam penanam, Anda memerlukan sekantong tanah pot, tanaman pilihan, dan sekop atau sekop. Isi pot dengan campuran pot berkualitas dan tambahkan tanaman sesuai keinginan dan kebutuhan sinar matahari Anda.

Penting untuk memilih tanaman yang sesuai dengan ukuran dan lokasi taman serta jumlah sinar matahari dan air yang akan diterimanya. Pastikan untuk mengikuti petunjuk perawatan tanaman Anda dan menyiraminya secara teratur agar tetap sehat dan tumbuh subur. Tanaman hias, sukulen, atau tanaman semusim adalah pilihan yang bagus.

Nah itulah beberapa cara membuat pot tanaman dari botol plastik yang dapat Anda coba. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria