Cara Memperbaiki Garis Vertikal pada Layar Komputer yang Mengganggu



MOMSMONEY.ID - Baik itu berwarna merah, hijau, atau biru, garis vertikal pada monitor komputer bukanlah pertanda baik. Berikut ini terdapat cara memperbaiki garis vertikal pada layar komputer. 

Ada beberapa cara memperbaiki garis vertikal pada layar komputer yang mengganggu. 

Apapun penyebab hal ini, ada kemungkinan Anda bisa mengembalikan layar komputer ke dalam keadaan normal. 


Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar Komputer Hitam Putih Jadi Berwarna

Berikut ini cara memperbaiki garis vertikal pada layar komputer.

Garis vertikal pada monitor merupakan salah satu dari tiga masalah inti: panel layar itu sendiri rusak, sambungan antara komputer dan layar rusak, atau menerima informasi yang salah.

Tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk masalah pertama kecuali monitor Anda masih dalam masa garansi, tetapi masalah lainnya memiliki beberapa perbaikan yang relatif mudah yang dapat menghilangkan garis vertikal pada layar komputer Anda.

Baca Juga: 4 Cara Menyamarkan Garis Senyum dengan Makeup, Mudah Moms!

Penyebab pasti munculnya garis vertikal pada layar komputer Anda hanya akan terlihat jika dan saat Anda memperbaikinya, jadi sebaiknya Anda mulai mencoba contoh-contoh ini untuk melihat apa yang berhasil.

Pasang kembali kabelnya. Coba lepaskan kabel HDMI atau DisplayPort monitor Anda dan pasang kembali. 

Anda juga dapat menghidupkan ulang monitor dengan mematikannya dan menyalakannya lagi.

1. Nyalakan ulang komputer Anda. Coba nyalakan ulang komputer Anda untuk melihat apakah menyalakan ulang dapat memperbaiki garis vertikal.

2. Coba HDMI atau DisplayPort yang lain. Pasang kabel monitor ke port yang lain pada monitor dan/atau kartu grafis.

3. Ganti kabelnya. Coba gunakan kabel HDMI atau DisplayPort yang lain, dan kabel daya untuk menyambungkan monitor ke PC Anda.

Baca Juga: Cara Instal YouTube Music di Komputer dari Browser Resmi Tanpa Ribet

4. Perbarui driver grafis Anda. Jika driver grafis Anda sudah usang, mungkin ada masalah kompatibilitas yang menyebabkan garis vertikal. Perbarui driver grafis Anda untuk melihat apakah hal itu dapat mengatasi masalah tersebut.

5. Coba monitor pada PC lain. Jika bisa, uji monitor pada PC yang lain. Jika garis masih ada, monitor atau kabelnya yang harus disalahkan dan perlu diganti. Namun, jika Anda sudah mencoba semua cara di atas dan garis-garis tersebut tidak muncul, mungkin PC Anda bermasalah.

6. Atur ulang BIOS. Coba atur ulang BIOS ke pengaturan default pabrik untuk melihat apakah overclock atau pengaturan daya menyebabkan masalah sistem yang memengaruhi tampilan monitor.

7. Ganti memori Anda. Terkadang memori sistem dapat menyebabkan masalah dengan garis-garis vertikal pada monitor. Jika bisa, coba ganti memori.

8. Ganti kartu grafis. Jika kartu grafis Anda bermasalah, menggantinya mungkin satu-satunya cara untuk memperbaiki garis-garis vertikal pada monitor Anda.

Nah, itulah cara memperbaiki garis vertikal pada layar komputer yang mengganggu. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Berikut Strategi Generasi Muda Hadapi Tekanan Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria