Cara Memperbaiki Instagram Story Tidak Dapat Diunggah Beserta Penyebabnya



MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda mengalami Instagram story tidak dapat diunggah? Ada cara memperbaiki Instagram story tidak dapat diunggah. 

Cara memperbaiki Instagram story tidak dapat diunggah bisa Anda simak di artikel ini. 

Saat Instagram story tidak dapat diunggah, Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan "Tidak dapat diunggah" atau story tersebut mungkin hanya muncul sebagai kotak hitam. 


Baca Juga: Cara Menyimpan Instagram Story Secara Otomatis di HP

Lalu, mengapa Instagram story tidak dapat diunggah? Berikut penyebabnya :

- Koneksi internet Anda lemah.

- Server Instagram sedang tidak berfungsi.

- Aplikasi Instagram bermasalah.

- Story Anda berisi elemen, seperti emoji, yang dapat menyebabkan masalah.

- Instagram tidak dioptimalkan untuk perangkat Anda.

Cara Memperbaiki Instagram Story Tidak Dapat Diunggah 

Jika story Instagram Anda tidak dapat diunggah, coba langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya.

1. Periksa koneksi internet Anda. Mengunggah video menghabiskan banyak data. Hubungkan ke jaringan Wi-Fi jika sinyal Anda buruk.

2. Mulai ulang aplikasi Instagram. Gunakan pengalih aplikasi jika Anda menggunakan iPhone. Untuk pengguna Android, tekan lama ikon Instagram dan pilih Info aplikasi > Paksa berhenti.

3. Periksa Instagram untuk mengetahui masalah. Gunakan Downdetector untuk melihat apakah orang lain melaporkan masalah dengan Instagram.

4. Hapus cerita dan unggah ulang. Memulai ulang aplikasi akan menghentikan gangguan yang mencegah cerita diunggah. Simpan cerita jika Anda merekamnya secara langsung, lalu hapus draf dan unggah lagi.

Baca Juga: Intip Cara Repost Instagram Story Terbaru untuk Pemula

5. Hapus gif dan emoji. Gif dan emoji diperbolehkan dalam cerita, tetapi dapat menyebabkan masalah. Posting cerita sederhana yang hanya berisi foto atau video untuk melihat apakah masalah tetap ada.

6. Bersihkan cache Anda. Perangkat Anda menyimpan data untuk mengurangi waktu pemuatan, tetapi data ini dapat rusak. Hapus file-file ini untuk meningkatkan kinerja Instagram.

7. Perbarui Instagram. Pembaruan perangkat lunak dapat menimbulkan bug baru, tetapi Instagram bekerja cepat untuk mengatasinya.

8. Perbarui ponsel Android Anda. Perangkat lunak yang kehabisan data di ponsel Anda dapat membuatnya tidak kompatibel dengan versi Instagram yang lebih baru. Jika Anda memiliki iPhone, periksa pembaruan iOS.

9. Copot pemasangan dan pasang ulang Instagram. Proses ini akan memastikan Anda memiliki versi aplikasi yang sepenuhnya diperbarui tanpa kode yang rusak.

10. Gunakan peramban ponsel Anda. Jika aplikasi tersebut memiliki bug, aplikasi tersebut mungkin tidak berfungsi dengan baik hingga Instagram memperbaruinya lagi.

Anda dapat menggunakan peramban ponsel Anda sebagai solusinya. Buka Instagram.com, dan abaikan semua perintah yang meminta Anda untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Melihat Arsip Instagram Story dari Tahun Sebelumnya

11. Posting cerita dari perangkat lain. Untuk mengetahui apakah ponsel Anda yang menyebabkan masalah, posting cerita dari komputer, tablet, atau ponsel orang lain.

12. Laporkan masalah tersebut ke Instagram. Jika Anda telah mengesampingkan semua kemungkinan lain, Anda dapat melaporkan masalah tersebut langsung dari aplikasi Instagram. 

Jelaskan masalah tersebut secara terperinci, termasuk langkah-langkah yang Anda ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jika pengguna lain melaporkan masalah yang sama, Instagram akan menyelesaikannya secepat mungkin.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki Instagram story tidak dapat diunggah. 

Selanjutnya: 2020-2024, Aset BTN Melesat 26%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria