Cara Memperbaiki Layar Burn In yang Sering Terjadi di Smartphone dan Laptop



MOMSMONEY.ID - Saat ini, banyak gadget yang terkena layar burn in. Ada cara memperbaiki layar burn in yang sering terjadi di smartphone dan laptop. 

Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara memperbaiki layar burn in di smartphone dan laptop. 

Perlu diketahui, layar burn in adalah  perubahan warna atau bayangan yang nyata pada gambar sebelumnya pada tampilan digital. 


Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar Komputer Hitam Putih Jadi Berwarna

Hal ini disebabkan oleh penggunaan piksel tertentu lebih sering daripada piksel lainnya. Sehingga, piksel tersebut menampilkan warna yang sedikit berbeda. Hasilnya adalah kesan yang nyata dan sering kali permanen pada tampilan.

Waktu, kecerahan layar, dan faktor lainnya dapat menyebabkan burn in, namun kondisinya berbeda-beda untuk setiap teknologi tampilan, karena layar dan piksel yang berbeda beroperasi secara berbeda pada tingkat perangkat keras.

Untuk panel LCD, seperti yang digunakan di banyak TV dan monitor komputer, burn in dapat terjadi karena piksel pada akhirnya tidak dapat kembali ke keadaan tidak menyala dan mempertahankan profil berwarna.

Baca Juga: Cara Membagi Layar Laptop Menjadi 2 pada Windows untuk Multitasking

Sedangkan untuk teknologi OLED dan AMOLED, yang kini digunakan di beberapa ponsel cerdas dan TV modern, piksel pemancar cahaya pada layar dapat meredup lebih cepat dibandingkan piksel lain jika digunakan lebih sering, sehingga meninggalkan bayangan gambar yang gelap di tempatnya.

Layar burn in pada tingkat teknis sulit diperbaiki. Tapi, retensi gambar yang lebih umum tidak demikian. Berikut cara mengatasi masalah retensi gambar di perangkat apa pun yang Anda miliki:

Cara memperbaiki layar burn in di TV

1. Sesuaikan pengaturan kecerahan. Coba turunkan kecerahan dan kontras pada TV Anda dan tonton beberapa konten yang bervariasi; itu mungkin hilang dengan sendirinya.

2. Aktifkan Pergeseran Piksel. Banyak TV modern memiliki Pergeseran Piksel, atau pergeseran layar, yang secara konstan menggerakkan gambar sedikit untuk memvariasikan penggunaan piksel. 

Jika tidak diaktifkan secara otomatis, Anda seharusnya bisa mengaktifkannya di menu pengaturan. Pengaturan lain menawarkan fungsi “Refresh” yang dapat dijalankan secara manual untuk mencoba dan membersihkan masalah retensi gambar.

3. Putar video penuh warna. Menjalankan video berdurasi cepat dengan banyak perubahan warna selama beberapa menit hingga setengah jam dapat membantu jika opsi di atas tidak berhasil.

Baca Juga: Cara Merekam Layar Laptop Windows atau Screen Recorder bagi Pemula

4. Dapatkan TV pengganti. Periksa garansi Anda untuk melihat apakah Anda dilindungi untuk penggantian. Jika tidak, Anda harus membayar sendiri adonan untuk membuat set baru.

Cara memperbaiki layar burn in di Komputer

Meskipun sebagian besar monitor PC dibuat agar tidak terlalu rentan terhadap burn-in, hal ini masih bisa terjadi. Jika Anda mengalaminya, ada beberapa hal yang bisa Anda coba.

1. Matikan layar setidaknya selama beberapa jam, atau idealnya 48 jam.

2. Atur screensaver Anda ke gambar putih bersih dan biarkan berjalan selama beberapa jam. Jika itu tidak membantu, beralihlah antara putih dan hitam setiap sekitar satu jam. 

Ini mungkin tidak menghilangkan retensi gambar sepenuhnya, tetapi akan mengurangi seberapa terlihat gambar tersebut.

3. Coba JScreenFix. Meskipun dirancang untuk memperbaiki piksel yang macet dan bukan piksel yang terbakar, ini dapat membantu mengatasi masalah apa pun yang Anda alami.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Layar Laptop Bergaris Horizontal, Simak Penyebab dan Solusinya

Cara memperbaiki burn in di Android atau iOS

1. Matikan perangkat. Retensi gambar di ponsel cerdas atau tablet terkadang dapat diatasi hanya dengan mematikan perangkat sebentar.

2. Coba pemecah masalah luka bakar. Ada beberapa aplikasi pemecah masalah burn-in di Google Play Store dan Apple App Store. 

Beberapa orang akan mencoba memperbaiki retensi gambar dan memeriksa burn-in yang lebih permanen.   3. Putar video penuh warna. Pilih video bertempo cepat dengan banyak perubahan warna, seperti yang ini di YouTube. 

4. Ganti layarnya. Jika tidak ada cara di atas yang berhasil, pilihan terbaik Anda adalah mengganti layar sendiri atau berbicara dengan operator Anda tentang perangkat pengganti.

Produsen seperti Apple telah memperpanjang garansi pada perangkat tertentu yang rentan terhadap retensi gambar dan burn-in, jadi jika perangkat Anda cukup baru, Anda tetap dilindungi garansi.

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki layar burn in yang sering terjadi di smartphone dan laptop. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria