Cara Menambah Daya Listrik di Aplikasi PLN Mobile, Sudah Anda Coba?



KONTAN.CO.ID - Melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat bisa mengakses berbagai layanan mulai dari pembayaran tagihan hingga menambah daya listrik.

Sekarang, menambah daya listrik tidak perlu lagi mendatangi kantor PLN. Anda bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk menambah daya listrik hingga memasang daya baru. 

Beberapa keluarga mungkin ingin menaikkan daya listrik di rumah mereka karena dirasa kurang atau ingin mengurangi daya yang sudah ada. 


Jika Anda tidak sempat meluangkan waktu untuk mengurus prosedur menambah daya di kantor layanan PLN, Anda bisa melakukannya secara online. 

Baca Juga: Kapan PPPK Guru 2022 Dibuka? Simak Jadwal dan Syarat Daftarnya

Prosesnya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Prosedur menaikkan daya ini hanya memakan waktu sekitar 10 menit dan bisa Anda lakukan dimanapun.

Berikut ini cara menambah daya listrik dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile, dirangkum dari situs PLN. 

Cara menambah daya listrik di PLN Mobile

1. Download aplikasi PLN Mobile di Google Playstore atau Apple Appstore.

2. Pada halaman utama, pilih menu “Perubahan Daya”.

3. Akan muncul tampilan tahapan proses Perubahan Daya, pilih “Mulai”.

4. Pilih ID Pelanggan yang telah didaftarkan pada PLN Mobile atau masukkan ID Pelanggan atau No Meter Lain, kemudian pilih “Lanjutkan”.

5. Tentukan koordinat lokasi yang sesuai, pilih “Ya”.

6. Lengkapi data Lokasi sesuai dengan keadaan sebenarnya, lalu pilih “Lanjutkan”.

7. Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pasca Bayar), peruntukan listriknya, kemudian pilih “Lanjutkan”.

8. Pilih jenis permohonan, apakah untuk diri sendiri atau orang lain. Apabila untuk orang lain, maka data yang diisi adalah “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”. Setelah semua data terisi, pilih “Lanjutkan”.

9. Akan muncul Ringkasan Data Permohonan. Pada halaman ini juga, masukan kode Voucher Promo Apabila sedang berlangsung program promo. Setelah itu pilih “Kirim Permohonan”.

10. Akan muncul tampilan “Syarat & Ketentuan”, Anda perlu membaca dan memahami dengan cermat sebelum memilih “Setuju”.

11. Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke halaman pemberitahuan “Permohonan Berhasil”. Setelah memilih “OK”, akan muncul tampilan “Detail Permohonan”. Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih “Lanjutkan Pembayaran”.

12. Setelah itu, akan muncul tampilan Metode Pembayaran. Anda dapat melakukan pemilihan metode pembayaran dengan pilih “Ganti Metode Pembayaran”. 

Baca Juga: Inilah Gejala dan Pertolongan Pertama pada Serangan Stroke, Wajib Dicatat!

Anda bisa memilih opsi pembayaran yang diinginkan mulai dari dompet digital hingga transfer bank melalui virtual account. Pilih salah satu sebelum memilih “Bayar”.

Jika permohonan berjalan lancar, akan muncul pemberitahuan dari aplikasi PLN Mobile bahwa pembayaran telah berhasil. Setelah 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi pelanggan untuk melakukan penjadwalan penambahan daya.

Petugas akan membuka meteran listrik, mengganti MCB, serta menyegel MCB yang baru. Untuk proses aktivasi pun cukup mudah, hanya dengan memasukkan token yang terdiri dari 16 digit sebanyak 2 kali.

Selanjutnya, petugas akan memasukkan token prabayar yang Anda beli pada saat permohonan tambah daya melalui aplikasi PLN Mobile. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News