Cara Menambah Daya Listrik Rumah lewat PLN Mobile dengan Praktis



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak panduan untuk menambah daya listrik PLN secara online. Penambahan daya PLN adalah proses peningkatan kapasitas listrik yang disuplai ke rumah, tempat usaha, atau bangunan lainnya oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Proses ini memungkinkan pelanggan untuk menggunakan lebih banyak peralatan listrik atau peralatan dengan konsumsi daya yang lebih tinggi tanpa menyebabkan pemadaman listrik karena beban berlebih.

Melalui aplikasi PLN Mobile, masyarakat bisa mudah membayar tagihan listrik bahkan menambah daya listrik rumah. Beberapa keluarga mungkin ingin menaikkan daya listrik di rumah mereka karena dirasa kurang atau ingin mengurangi daya yang sudah ada. 


Jika Anda tidak sempat meluangkan waktu untuk mengurus prosedur menambah daya di kantor layanan PLN, Anda bisa melakukannya secara online. 

Prosesnya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Prosedur menaikkan daya ini hanya memakan waktu sekitar 10 menit dan bisa Anda lakukan dimanapun.

Baca Juga: Catat Call Center PLN 24 Jam untuk Melakukan Pengaduan Pelanggan

Keuntungan Menambah Daya Listrik

Ada beberapa keuntungan menambah daya listrik dengan praktis

  • Kebutuhan Listrik yang Meningkat: Penambahan peralatan elektronik baru seperti AC, oven, atau perangkat listrik lainnya yang membutuhkan daya lebih besar.
  • Mengurangi Risiko Listrik Turun (Trip): Jika beban listrik melebihi kapasitas yang tersedia, listrik akan sering mati (trip). Meningkatkan daya listrik dapat mencegah hal ini.
  • Meningkatkan Kenyamanan: Dengan daya yang lebih besar, Anda dapat menggunakan lebih banyak peralatan listrik secara bersamaan tanpa khawatir terjadi pemadaman.
Berikut ini cara menambah daya listrik dengan mudah melalui aplikasi PLN Mobile, dirangkum dari situs PLN. 

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Masuk ke Meteran bagi Pelanggan

Cara menambah daya listrik di PLN Mobile

1. Tahapan Pendaftaran

Berikut ini panduan untuk menambah daya listrik PLN dengan praktis melalui aplikasi.

  • Unduh aplikasi PLN Mobile di Google Playstore atau Apple Appstore.
  • Pada halaman utama, pilih menu “Perubahan Daya”.
  • Tunggu muncul tampilan tahapan proses Perubahan Daya, pilih “Mulai”.
  • Masukkan ID Pelanggan atau No Meter Lain, kemudian pilih “Lanjutkan”.
  • Cek koordinat lokasi yang sesuai, pilih “Ya”.
  • Pilih data Lokasi sesuai dengan keadaan sebenarnya, lalu pilih “Lanjutkan”.
  • Pilih daya baru yang dibutuhkan, jenis koneksi (Pra/Pasca Bayar), peruntukan listriknya, kemudian pilih “Lanjutkan”.
  • Pilih jenis permohonan, apakah untuk diri sendiri atau orang lain.
  • Apabila untuk orang lain, maka data yang diisi adalah “Data Pelanggan” dan “Data Pemohon”. Setelah semua data terisi, pilih “Lanjutkan”.
  • Tunggu hingga muncul Ringkasan Data Permohonan.
  • Pada halaman ini juga, masukan kode Voucher Promo Apabila sedang berlangsung program promo.
  • Setelah itu pilih “Kirim Permohonan”.
  • Akan muncul tampilan “Syarat & Ketentuan”, Anda perlu membaca dan memahami dengan cermat sebelum memilih “Setuju”.
  • Setelah itu pelanggan akan diarahkan ke halaman pemberitahuan “Permohonan Berhasil”.
  • Setelah memilih “OK”, akan muncul tampilan “Detail Permohonan”.
  • Proses pun berlanjut setelah pelanggan memilih “Lanjutkan Pembayaran”.
  • Anda dapat melakukan pemilihan metode pembayaran dengan pilih “Ganti Metode Pembayaran”. 

2. Tahapan pengecekan meteran listrik

Anda dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan, mulai dari dompet digital hingga transfer bank melalui virtual account. Pilih salah satu opsi ini sebelum menekan tombol “Bayar”.

Jika proses berjalan dengan baik, aplikasi PLN Mobile akan memberikan notifikasi bahwa pembayaran telah berhasil.

Dalam waktu 2 hari kerja, petugas PLN akan menghubungi Anda untuk menjadwalkan penambahan daya. Petugas akan membuka meteran listrik, mengganti MCB, dan memasang segel pada MCB yang baru.

Proses aktivasi juga cukup sederhana, cukup masukkan token prabayar yang terdiri dari 16 digit sebanyak dua kali. Petugas akan memasukkan token yang telah Anda beli saat mengajukan penambahan daya melalui aplikasi PLN Mobile.

Demikian penjelasan terkait penambahan daya PLN yang wajib diketahui oleh nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News