Cara Menanam Tomat agar Menghasilkan Buah yang Manis



MOMSMONEY.ID - Apakah Anda ingin mendapatkan tomat yang manis? Ada cara menanam tomat agar menghasilkan buah yang manis. 

Cara menanam tomat agar menghasilkan buah yang manis cukuplah mudah. Anda dapat menyimak di artikel ini. 

Tak perlu khawatir, cara menanam tomat ini dapat Anda coba di rumah. Tomat yang ditanam di rumah terasa nikmat jika manis dengan sedikit rasa asam dan asam.


Baca Juga: 20 Bunga untuk Ucapan Terima Kasih yang Bisa Dikirimkan ke Orang Terdekat

Nah, berikut ini cara menanam tomat agar menghasilkan buah yang manis. 

1. Tambahkan Gula ke Lubang Tanam

Menambahkan gula ke dalam lubang tanam saat menanam tomat akan menghasilkan tomat yang lebih manis dengan meningkatkan aktivitas bakteri dan menyuburkan tanah. Jangan memasukkan gula lebih dari 2 sendok makan dalam satu lubang tanam.

2. Memberikan Banyak Sinar Matahari

Cahaya juga memainkan peran penting dalam perkembangan buah dan rasa manisnya. Pastikan tanaman mendapat sinar matahari langsung setidaknya 4-6 jam setiap hari.

3. Tambahkan Sedikit Baking Soda

Anda bisa membuat tomat lebih manis dengan menaburkan sedikit soda kue di dekat pangkalnya. Ini akan membantu menurunkan tingkat keasaman, membuat tomat lebih manis.

4. Beri Pupuk

Pemupukan dengan perbandingan yang tepat berperan penting dalam membuat tomat menjadi lebih manis. Menurut penelitian , pemupukan dengan rasio fosfor yang lebih tinggi berpengaruh nyata terhadap kualitas, warna, rasa manis, dan rasa tomat.

Baca Juga: Daftar Bunga Mekar di Malam Hari yang Punya Aroma Wangi

Studi lain menunjukkan bahwa peningkatan kadar kalium dalam media tanam saat menanam tomat menghasilkan jaringan yang kemerahan, kencang, kerenyahan, dan rasa lebih asam.

Ingatlah bahwa variasi tomat, tingkat kematangan, dan paparan sinar matahari yang tepat dalam proporsi yang tepat juga berperan penting dalam menghasilkan tomat yang beraroma dan manis.

Menggunakan pupuk yang tinggi fosfor dapat menghasilkan tomat yang lebih manis. 

Fosfor diperlukan untuk pertumbuhan tanaman secara keseluruhan, pembentukan bunga, dan bunga. Ini membantu dalam membangun membran sel dan menyimpan energi. Rasa manis, ukuran, dan warna tomat terutama bergantung pada kandungan fosfor dalam media tanam.

Tips Menanam Tomat 

1. Gunakan wadah yang besar

Untuk satu tanaman, Anda memerlukan wadah yang berukuran setidaknya 31 cm2, tetapi 62 cm2 leih baik. 

Pastikan wadah memiliki drainase yang baik, sehingga akarnya tetap lembab tetapi tidak basah. Jika Anda menggunakan ember, bor lubang di bagian bawah untuk mengalirkan air.

Isi pot Anda dengan tanah pot berkualitas tinggi hingga sekitar satu inci dari tepi atas.

Baca Juga: 6 Jenis Sirih Gading Terbaik yang Tidak Memerlukan Sinar Matahari

2. Tanam tomat sedalam-dalamnya

Saat menanam bibit tomat, buang beberapa set daun di bagian bawah, dan gali lubang yang cukup dalam sehingga sebagian besar tanaman terkubur di lubang tanam.

Tanaman tomat akan menghasilkan akar di sepanjang bagian batang yang terkubur, mengembangkan sistem akar yang kuat dan tanaman yang lebih kokoh.

3. Sirami secara konsisten 

Siram tanaman di pagi hari untuk memberikan hidrasi sepanjang hari dan memungkinkan dedaunan yang lembab mengering selama siang hari.

Siram dengan air secara langsung ke tanah. Tanah harus lembab tetapi tidak basah untuk menghindari pembusukan akar. 

Jika tanaman tomat menerima terlalu sedikit air, tanaman akan layu dan melemah, dan tomat dapat mengembangkan pembusukan ujung bunga.

Selain itu, jika tanaman Anda menerima penyiraman yang tidak konsisten, buah tomat dapat retak atau pecah.

4. Beri pupuk 

Pastikan untuk memberi pupuk pada tomat sebagai nutrisi yang mereka butuhkan. 

Namun, beberapa tanah pot sudah memiliki kandungan pupuk di dalamnya. Jika tanah pot tidak ada kandungan pupuk di dalamnya, maka beri makan tanaman dengan pupuk khusus tomat.

Baca Juga: Kenapa Tanaman Tidak Berbunga? Pelajari Penyebab dan Solusi yang Bisa Dilakukan

5. Pastikan terkena paparan sinar matahari

Tanaman tomat membutuhkan sinar matahari penuh, yang berarti setidaknya 6 hingga 8 jam per hari antara jam 10 pagi dan 4 sore.

Tempatkan pot Anda di lokasi yang menerima sinar matahari sepanjang hari. Tanaman tomat menyukai suhu yang hangat. Jika suhu turun di bawah 50 derajat, bawa tanaman ke dalam atau lindungi dari dingin. 

Jika suhu naik di atas 90 derajat, berikan lebih banyak naungan karena tanaman akan berhenti menghasilkan bunga dan buah.

Nah itulah beberapa cara menanam tomat agar menghasilkan buah yang manis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria