Cara Mencadangkan Data HP Samsung untuk Meningkatkan Keamanan



MOMSMONEY.ID - Mencadangkan data hp Samsung sangatlah penting. Ada beberapa pilihan cara mencadangkan data hp Samsung. 

Jika Anda ingin file, foto, video dan dokumen aman, Anda perlu mencadangkan data hp Samsung untuk meningkatkan keamanan. 

Lalu, bagaimana cara mencadangkan data hp Samsung untuk meningkatkan keamanan? 


Baca Juga: Inilah 4 Cara Cek Garansi HP Samsung, Jenis, dan Panduan Klaimnya

Berikut ini cara mencadangkan data hp Samsung :

1. Cadangkan dengan Samsung Cloud

Sebagian besar perangkat Galaxy mendukung layanan pencadangan gratis Samsung, Samsung Cloud.

Layanan ini mencadangkan pengaturan, bookmark, log panggilan, dan bahkan tata letak layar beranda Anda selain data dari aplikasi bawaan seperti Kalender, Samsung Internet, Kontak, dan Samsung Notes.

File pribadi Anda termasuk foto, video, dan musik juga dicadangkan, tetapi tidak menyimpan data aplikasi pihak ketiga atau apa pun yang Anda simpan di kartu SD Anda.

Penyimpanan 15 GB pertama gratis, tetapi Anda dapat membayar lebih jika membutuhkannya. Karena hanya tersedia di perangkat Samsung, Samsung Cloud tidak akan berguna jika Anda mendapatkan ponsel baru dari produsen yang berbeda.

Itulah sebabnya sebaiknya gunakan beberapa metode pencadangan untuk berjaga-jaga.

2. Cadangkan dengan Samsung Smart Switch

Jika perangkat Anda tidak mendukung Samsung Cloud, atau jika Anda lebih suka memiliki salinan data cetak daripada menyimpannya di cloud, cobalah Samsung Smart Switch.

Baca Juga: Ini 4 Cara Kunci Aplikasi di HP Samsung dengan Fitur Bawaan

Smart Switch dirancang untuk mentransfer data antarperangkat Samsung, tetapi Anda dapat menggunakannya untuk mencadangkan semua data ke komputer. Setelah mengunduh aplikasi pendamping untuk Mac atau Windows, gunakan aplikasi Smart Switch di ponsel untuk menghubungkan perangkat dan memfasilitasi transfer.

3. Cadangkan dengan Find My Mobile

Samsung memiliki layanan bernama Find My Mobile yang membantu Anda menemukan dan mengamankan perangkat jika tidak dapat menemukannya.

Jika Anda menyiapkan Find My Mobile, Anda dapat mencadangkan dan menyetel ulang ponsel ke setelan pabrik menggunakan peramban web di perangkat terpisah, asalkan ponsel terhubung ke internet.

Tonton: Penyebab iPhone 16 Belum Resmi Dijual Di Indonesia

Buka situs web Find My Mobile dan masuk ke akun Samsung Anda. Pilih perangkat di sisi kiri layar, lalu pilih Cadangkan untuk menyimpan data ponsel dari jarak jauh ke Samsung Cloud.

4. Cadangkan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda dapat menemukan lusinan aplikasi pencadangan ponsel untuk Android di Play Store seperti G Cloud Backup.

Baca Juga: 6 Cara Screenshot HP Samsung melalui S Pen, Gestur, hingga Suara

Beberapa di antaranya mungkin menawarkan fitur yang tidak dimiliki Samsung Cloud dan Smart Switch, seperti opsi untuk mencadangkan ke kartu SD.

Jika Anda memiliki akun Gmail, maka Anda memiliki Google Drive tempat Anda dapat menyimpan file dan mengaksesnya di semua perangkat Anda.

Opsi penyimpanan cloud pihak ketiga lainnya termasuk Dropbox dan OneDrive. Layanan ini ideal jika Anda hanya ingin mencadangkan atau mentransfer file pribadi tertentu.

Nah itulah beberapa cara mencadangkan data hp Samsung untuk meningkatkan keamanan. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Ubah Konstitusi, Korea Utara Tetapkan Korea Selatan Sebagai Negara Musuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria