Cara Mencari Jurnal Internasional dan Nasional di Google Scholar hingga Situs Lain



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ikuti panduan untuk mencari jurnal internasional di Google Scholar dan situs lainnya. Dalam mencari jurnal internasional di berbagai situs tepercaya, mahasiswa dapat memanfaatkan berbagai fitur yang mendukung proses penulisan skripsi.

Salah satu platform yang paling banyak digunakan adalah Google Scholar, mesin pencari khusus literatur akademik yang mencakup artikel, tesis, buku, abstrak, dan putusan pengadilan.

Google Scholar dapat diakses secara gratis melalui peramban web, memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk mencari berbagai sumber ilmiah.


Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan fitur seperti melacak kutipan, membuat daftar pustaka, serta mengatur pemberitahuan untuk topik tertentu yang relevan dengan penelitian.

Baca Juga: Imbal Hasil Tinggi, Dana Kelolaan Dana Abadi Harvard Meningkat

Google Scholar memiliki beberapa bagian utama atau fitur yang dapat diakses oleh pengguna:

  • Profil scholar: Pengguna dapat membuat profil scholar untuk memantau penelitian dan sitiran mereka sendiri. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat berapa kali karyanya telah disitir, dan oleh siapa.
  • Pencarian: Ini adalah fitur utama Google Scholar, yang memungkinkan pengguna untuk mencari artikel, tesis, buku, dan jenis literatur lainnya menggunakan kata kunci atau frasa.
  • Pencarian lanjutan: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memperjelas pencarian mereka dengan menentukan kriteria pencarian tertentu, seperti pengarang, tanggal publikasi, dan bahasa literatur.
  • Tautan perpustakaan: Jika institusi pengguna memiliki langganan ke jurnal atau database tertentu, mereka mungkin dapat mengakses artikel teks lengkap melalui Google Scholar dengan mengklik opsi "Tautan Perpustakaan".
  • Pemberitahuan: Pengguna dapat mengatur pemberitahuan untuk menerima notifikasi saat artikel baru dipublikasikan pada topik tertentu yang mereka minati.
  • Sitiran: Google Scholar menyediakan informasi tentang jumlah sitiran yang diterima oleh artikel tertentu, serta daftar artikel yang telah menyitirnya.
  • Artikel terkait: Google Scholar menyarankan artikel yang terkait dengan artikel yang sedang dilihat pengguna, berdasarkan sitiran artikel dan kata kunci.
  • Dikutip oleh: Fitur ini menunjukkan artikel yang telah menyitir artikel tertentu. Pengguna dapat menggunakan fitur ini untuk melihat seberapa berpengaruh ide dari suatu artikel di kalangan peneliti.
Google Scholar juga bisa akses berbagai jurnal berbahasa Indonesia dan jurnal internasional dalam berbagai bahasa.

Ikuti panduan untuk cara mencari jurnal internasional di beberapa situs terkemuka.

Baca Juga: Tak Perlu Ketik Satu-Satu, Ini Cara Mudah Membuat Daftar Isi di Microsoft Word

Panduan mencari jurnal di Google Scholar​

Bagi pelajar bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Buka aplikasi browser.
  • Buka laman Google Scholar yakni https://scholar.google.com.
  • Masukkan kata kunci jurnal di kolom pencarian.
  • Klik ikon Search.
  • Google Scholar akan menampilkan daftar jurnal atau buku sesuai kata kunci.
  • Klik jurnal yang hendak baca.

Rekomendasi situs pencarian jurnal lainnya

1. Jurnal internasional

Ditjen Dikti juga memberikan rekomendasi beberapa jurnal ilmiah yang bisa Anda akses, di antaranya:

  • PubMed: Cocok untuk mencari jurnal di bidang kedokteran dan ilmu kesehatan. Sebagian besar artikel dapat diakses secara gratis pada laman pubmed.ncbi.nlm.nih.gov.
  • IEEE Xplore: Ini adalah database yang berfokus pada bidang teknik, teknologi, dan ilmu komputer. Artikel-artikel ini sering dipublikasikan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) pada laman ieeexplore.ieee.org.
  • DOAJ (Directory of Open Access Journals): Situs ini menawarkan akses ke jurnal open-access dari seluruh dunia, yang bisa diakses secara gratis pada laman doaj.org.

2. Jurnal Nasional

  • GARUDA (Garba Rujukan Digital) adalah portal akademik yang dikelola oleh Kemenristekdikti Indonesia, bertujuan untuk mengumpulkan dan menyediakan akses ke berbagai jurnal ilmiah, karya ilmiah, dan literatur yang diterbitkan di Indonesia. Website: garuda.kemdikbud.go.id
  • Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) merupakan situs resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang menyediakan berbagai layanan literasi dan informasi digital, termasuk akses ke e-journal, e-book, arsip nasional, serta berbagai referensi akademik lainnya. Website: perpusnas.go.id
  • Indonesia OneSearch adalah portal pencarian terintegrasi yang memungkinkan pengguna untuk mencari koleksi dari berbagai perpustakaan di Indonesia, termasuk Perpustakaan Nasional, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus, serta pusat dokumentasi dan informasi lainnya. Website: onesearch.id
  • ISJD (Indonesian Scientific Journal Database) LIPI berfokus pada jurnal ilmiah yang diterbitkan di Indonesia. Situs ini menyediakan akses ke ribuan artikel ilmiah di berbagai bidang, mulai dari ilmu pengetahuan alam, sosial, hingga humaniora.  Website: isjd.pdii.lipi.go.id
  • Moraref Kemenag adalah platform yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) Indonesia, berfungsi sebagai database untuk jurnal-jurnal ilmiah yang terkait dengan studi keagamaan, pendidikan, dan sosial-budaya. Website: moraref.kemenag.go.id
Setiap platform ini dirancang untuk mendukung akses terbuka terhadap informasi dan literatur akademik bagi peneliti, mahasiswa, dan masyarakat umum, serta untuk memperkuat penelitian dan pendidikan di Indonesia.

Cara cek kredibilitas jurnal

Dalam mengetahui kualitas dari jurnal ilmiah cukup mudah. Langkahnya adalah dengan memeriksa kualitas jurnal di laman pengindeks.

Untuk jurnal nasional, Anda bisa mengecek kualitasnya di SINTA (Science and Technology Index). Daftar jurnal nasional yang muncul akan terlihat dari akreditasi peringkat SINTA 1-6. 

Untuk jurnal internasional bisa dilihat kredibilitasnya di ScimagoJR. Portal tersebut akan menyajikan peringkat jurnal Q1 (Quartile 1) hingga Q4.

Itulah penjelasan terkait cara mencari jurnal internasional dan nasional di Google Scholar dan situs lainnya untuk pelajar.

Selanjutnya: Lionel Messi dan Bad Bunny Umumkan Kolaborasi Eksklusif dengan Adidas

Menarik Dibaca: Promo CFC x GrabFood Dine Out 22-31 Oktober 2024, Paket Astaga 1 Rp 15.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News