Cara Mencegah Sakit Gigi saat Menopause



MOMSMONEY.ID - Mulai dari konsumsi makanan sehat, ini cara mencegah sakit gigi saat masa menopause!

Perubahan hormonal saat menjelang masa menopause ternyata bisa mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Melansir Woman and Home, tak jarang perempuan yang memasuki masa menopause melaporkan adanya masalah sakit gigi. 

Baca Juga: Ini 8 Sumber Makanan untuk Cegah Sakit Gigi yang Mudah Ditemui


Hal ini disebabkan oleh kadar esterogen yang berkurang sehingga membuat tulang lebih rapuh. Salah satu tulang yang terdampak adalah tulang rahang yang bisa mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu, lakukan cara-cara ini untuk mencegah sakit gigi saat menopause!

Ini cara menecegah sakit gigi saat masa menopause

Hindari buah-buahan asam

Salah satu cara mencegah sakit gigi saat menopause dan menjaga kesehatan gigi dari terkikisnya email gigi adslah menghindari makanan yang bersifat asam. Termasuk juga minuman yang bersifat asam. 

Hindari makan apel, anggur, blueberry, nanas, persik, delima, minuman bersoda, jus buah, produk berbahan dasar cuka dan beberapa makanan yang tak umum seperti asinan kubis. 

Baca Juga: Ternyata, Ada Kaitan Antara Menopause dengan Sakit Gigi lo

Tingkatkan asupan kalsium dan vitamin D

Untuk mencegah sakit gigi saat menopause, konsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium. Pastikan pola makan Ansa juga mengandung banyak kalsium sepert susu, sayuran berdaun hijau atau produk yang difortifikasi. Jangan lupa berjemur untuk mendapatkan vitamin D. 

Tetap terhidrasi

Produksi air liur sangatlah penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Orang dengan mulut kering selama menopause bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu untuk mencegah sakit gigi, sebaiknya tetap terhidrasi dengan minum banyak air. 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pengganti Santan untuk Diet, Cek Ada Apa Saja!

Lakukan perawatan gigi rutin

Saat menjelang menopause, Anda harus lebih konsisten rutin melakukan perawatan gigi. Lakukan sikat gigi dengan benar. Mulai dari bagian luar gigi, dalam, lidah dan langit-langit. Tambahkan juga menggunakan obat kumur antibakteri. Pastikan pasta gigi mengandung jumlah fluoride yang tepat yaitu 1.350 - 1.500 ppm untuk orang dewasa. 

Perawatan profesional

Apabila Anda memerlukan bantuan lebih lanjut segera kunjungi dokter gigi. Lakukan perawatan yang bisa membantu memperkuat gihi dan memperbaiki retakan serta mengatasi perubahan warna gigi. 

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah  sakit gigi selama masa menopause. Semoga informasi ini bermanfaat ya Moms!

Selanjutnya: Pemimpin Hamas Yahya Sinwar Tewas Dibunuh oleh Pasukan Israel di Gaza

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta