KONTAN.CO.ID - Pendaftaran Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara atau PKN STAN 2022 sudah dibuka. PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan. Tahun ini, PKN STAN kembali membuka pendaftaran calon mahasiswa baru dengan menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai salah satu syarat utamanya. Bersumber dari situs PKN STAN, kuota SPMB tahun ini adalah sebanyak 750 orang dengan perincian program Reguler sebanyak 700 orang dan program Afirmasi 50 orang.
Persyaratan SPMB PKN STAN 2022
1. Lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua SMA atau yang sederajat. 2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta:- Lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 atau
- Calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 semester (Semester gasal dan genap untuk kelas 10 dan 11 serta semester gasal kelas 12) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.
- Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
- Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur: Telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur. Memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur. Mendapat rekomendasi dari SMA/sederajat.
Cara mendaftar SPMB PKN STAN
1. Mengakses portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https:/dikdin.bkn.go.id. 2. Membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) kemudian mencetak Kartu Informasi Akun 3. Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan. 4. memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan antara lain: Bagi Peserta Program Reguler:- Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format jpg)
- KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format jpg)
- Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)
- Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas 10 dan 11 serta semester gasal kelas 12) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran
- 1.000 Kb dan format pdf)
- Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format pdf).
- Kartu Keluarga (ukuran maksimal 700 Kb dan format pdf)
- Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format jpg):
- KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format jpg)
- Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format pdf)
- Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas 10 dan 11 serta semester gasal kelas 12) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format pdf)
- Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format pdf)
- Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa (ukuran maksimal 700 Kb dan format pdf)
- Dokumen tambahan sesuai dengan ketentuan dari PKN STAN
- Login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal dikdin.bkn.go.id
- Mengisi data pilihan program studi
- Mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online
- Mengunci data
Jadwal SPMB PKN STAN
- Pendaftaran online di portal dikdin.bkn.go.id: 9-30 April 2022
- Pendaftaran online di portal spmb.pknstan ac.id: 16 April-6 Mei 2022
- Pengumuman hasil Seleksi Administrasi: 24 Juni 2022
- Pembayaran biaya pendaftaran SPMB: 24-26 Juni 2022
- Pengumuman jadwal dan lokasi SKD: 28 Juni 2022
- Pelaksanaan SKD: 30 Juni-5 Juli 2022
- Pengumuman Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan 1 (tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi): 13 Juli 2022
- Tes kesehatan dan kebugaran serta tes psikologi: 18-22 Juli 2022
- Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan 1 (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan 2 (Tes Wawancara): 4 Agustus 2022
- Tes Wawancara: 8-12 Agustus 2022
- Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN: 29 Agustus 2022
- Pendaftaran Ulang: 5-9 September 2022
- Mulai pendidikan akhir September 2022