Cara Mendapatkan Fitur AI Apple di iPhone Series Lama Tanpa Harus Ganti HP



MOMSMONEY.ID - Apple meluncurkan Apple Intelligence atau AI yang hanya didukung di iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, dan series terbarunya. Ada beragam cara mendapatkan fitur AI Apple di iPhone series lama. 

Cara mendapatkan fitur AI Apple di iPhone series lama dapat Anda simak di artikel ini. 

Perlu diketahui, fitur AI Apple tersedia di iOS 18. Setelah memperbarui iPhone 15 Pro ke iOS 18.1 Beta dan menyesuaikan pengaturan bahasa dan wilayah jika diperlukan, Anda dapat menikmati fitur-fitur baru, termasuk Siri dan alat Clean Up yang baru.


Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Akun WhatsApp Tidak Diizinkan untuk Digunakan

Namun, untuk iPhone lama, seperti iPhone 12 atau 13, Anda harus menggunakan aplikasi dan situs web lain untuk fungsi serupa.

Berikut cara mendapatkan fitur AI Apple di iPhone series lama:

1. Clean Up

iOS 18 menghadirkan fitur Clean Up, yang pada dasarnya memungkinkan Anda membersihkan atau menghapus objek atau orang yang tidak diinginkan dari foto Anda. 

Anda dapat menggunakannya untuk menghapus orang di latar belakang, kekacauan di meja yang lupa Anda sembunyikan, dan objek lain yang mengganggu dari gambar.

Untungnya, Anda tidak memerlukan Apple AI untuk melakukan hal itu pada model iPhone lama. Instal Google Photos, buka foto yang ingin Anda hapus objeknya, lalu ketuk Edit > Tools > Magic Eraser. 

Kini Anda dapat memilih dan menghapus objek dari gambar Anda. Google Photos kini bahkan memungkinkan Anda menggunakan Magic Editor di semua iPhone dan ponsel Android secara gratis. Anda dapat menyimpan hingga sepuluh foto yang diedit per bulan tanpa biaya.

2. Apple Image Playground

Dengan Apple Image Playground, Anda dapat membuat gambar dalam tiga gaya berbeda: Animasi, Ilustrasi, atau Sketsa. 

Aplikasi ini akan tersedia sebagai aplikasi khusus tetapi juga terintegrasi secara mendalam, sehingga Anda dapat membuat karya seni yang menyenangkan dari teman-teman Anda dalam berbagai pengaturan dan mengirimkannya langsung di Pesan atau mengubah sketsa kasar menjadi gambar di aplikasi Notes.

Baca Juga: Cara Mematikan Always On Display di iPhone agar Lebih Hemat Baterai

Meskipun Anda tidak akan menemukan generator gambar lain yang terintegrasi secara mendalam ke dalam sistem dan aplikasi iPhone Anda, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif gratis.

Alternatif terbaik berikutnya adalah Meta AI. Anda dapat membukanya di WhatsApp atau obrolan apa pun dengan teman atau obrolan grup untuk menghasilkan karya seni, gambar yang tampak realistis, atau bahkan GIF dalam hitungan detik.

Anda juga dapat menggunakan alat pembuat gambar gratis lainnya, termasuk Microsoft Designer dan Adobe Firefly yang berfungsi dengan sangat baik. 

Alat-alat ini dapat menghasilkan gambar yang tampak realistis, sementara Apple AI hanya memungkinkan Anda membuat karya seni, sketsa, dan ilustrasi.

3. Wrinting Tools

Fitur Writing Tools bawaan pada iOS 18 memungkinkan Anda menulis ulang, mengoreksi, dan meringkas teks hampir di mana pun Anda menulis. Namun, seperti fitur AI lainnya, fitur ini tidak akan tersedia di iPhone lama. 

Dan karena batasan iOS, Anda tidak dapat menggunakan asisten AI mengambang di layar ponsel Anda.

Hal yang paling mirip dengan Writing Tools yang bisa Anda dapatkan di iPhone adalah Grammarly AI. Awalnya, aplikasi ini adalah papan ketik dengan fitur pemeriksaan tata bahasa, tetapi kini juga memberi Anda umpan balik penulisan secara langsung dan bantuan AI.

Baca Juga: Cara Download Video X Tanpa Harus Berlangganan dan Pakai Aplikasi Tambahan

Cukup tulis teks Anda dan ketuk tombol Perbaiki. Anda akan melihat berbagai perintah seperti "terdengar penuh belas kasih," "tegaskan," "terdengar kooperatif," dan lainnya, serta tiga tingkat formalitas yang berbeda—netral, formal, santai—untuk dipilih.

Pilih nada dan perintah yang Anda inginkan, dan teks Anda akan ditulis ulang sesuai keinginan Anda.

4. Siri yang disempurnakan dengan ChatGPT

iPhone 15 Pro dan Pro Max mendapatkan Siri yang disempurnakan yang muncul dengan cahaya mewah di sekeliling layar. Siri dapat lebih memahami konteks dan mengendalikan tindakan di aplikasi atas nama Anda. 

Nantinya, Siri juga akan mendapatkan integrasi ChatGPT yang dapat digunakan untuk membantu Anda, misalnya saat Anda meminta saran resep. 

iPhone Anda kemudian akan menanyakan apakah Anda ingin menggunakan ChatGPT untuk menyelesaikan permintaan tersebut, lalu menampilkan informasi tersebut langsung di layar Anda.

Baca Juga: Tanggal Rilis Android 15 Beserta Fitur Terbaru yang Semakin Canggih

Meskipun Anda tidak bisa mendapatkan Siri 2.0 pada model iPhone lama, Anda dapat menambahkan ChatGPT ke Siri menggunakan pintasan sederhana:

- Buka aplikasi Pintasan.

- Buat pintasan baru.

- Cari ChatGPT dan pilih Mulai percakapan suara dengan ChatGPT.

- Ubah nama pintasan menjadi sesuatu yang sederhana seperti Start GPT.

- Simpan itu.

Ucapkan “Hai Siri, mulai GPT” (atau apa pun nama pintasannya) untuk meluncurkan ChatGPT dalam mode obrolan suara.

Anda kemudian dapat mengajukan pertanyaan, mencari informasi, atau sekadar mengobrol dengan ChatGPT.

Nah, itulah beberapa cara menggunakan fitur AI Apple di iPhone series lama tanpa harus ganti HP. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: OJK Beberkan Penyebab Jamkrida Masih Kesulitan Penuhi Ekuitas Minimum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria