Cara Mendapatkan Fitur Apple Intelligence di iPhone dengan Mudah



MOMSMONEY.ID - Apple mengumumkan serangkaian fitur AI pada awal Juni tahun ini. Berikut ini cara mendapatkan fitur Apple Intelligence di iPhone. 

Saat ini fitur tersebut hanya teredia di Amerika Serikat. Namun, artikel ini memberikan informasi mengenai cara mendapatkan fitur Apple Intelligence di iPhone untuk wilayah Indonesia. 

Anda harus mengikuti beberapa langkah untuk menginstal Pembaruan tertentu dan mengaktifkan fitur Apple Intelligence.


Baca Juga: Perangkat yang Dapat Fitur Apple Intelligence di iOS 18, Apa Saja?

Berikut ini cara mendapatkan fitur Apple Intelligence di iPhone. 

1. Instal Pembaruan Apple di iPhone, iPad dan Mac

Mulai Juli 2024, Apple mengharuskan Anda bergabung dengan program Beta Pengembang untuk mengunduh pembaruan yang relevan, jika Anda belum melakukannya. Namun, meskipun Anda saat ini terdaftar di Beta Pengembang, Anda tidak akan secara ajaib menerima Beta dengan fitur Apple AI. 

Sebagai gantinya, Anda harus memilih pembaruan iOS 18.1, iPadOS 18.1, atau macOS 15.1 beta secara manual.

Berikut cara menginstal pembaruan:

- Di iPhone atau iPad Anda, buka aplikasi Pengaturan , dan navigasikan ke Umum > Pembaruan Perangkat Lunak . Ketuk Pembaruan Beta dan pilih iOS 18 Developer Beta dari drop-down. Biarkan iPhone atau iPad Anda memeriksa pembaruan terkini.

Anda akan menemukan pembaruan iOS 18.1 atau iPadOS 18.1 di bagian Juga Tersedia di bagian bawah. Ketuk dan pilih Perbarui Sekarang untuk menginstal pembaruan.

- Di Mac, buka Pengaturan Sistem > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Pembaruan Beta. Pilih saluran Beta Pengembang macOS Sequoia 15.1, yang tersedia secara terpisah. Biarkan Mac Anda memeriksa dan menginstal pembaruan ini.

2. Aktifkan Fitur Intelijen Apple

Setelah Anda memperbarui iPhone atau iPad ke iOS 18.1 atau iPadOS 18.1, atau Mac Anda ke macOS Sequoia 15.1 Developer Betas, buka Pengaturan. 

Ketuk opsi Apple Intelligence & Siri yang baru. Selanjutnya, ketuk Bergabunglah dengan Daftar Tunggu Apple Intelligence (langkah-langkahnya sama untuk iOS dan macOS).

Baca Juga: Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Tidak Semua Dapat Fitur AI Apple Intelligence

Dalam 10-15 menit, Apple akan menyetujui permintaan Anda dan secara otomatis mengunduh fitur AI ke iPhone atau Mac Anda (asalkan terhubung ke Wi-Fi). Setelah pengunduhan selesai, ketuk Aktifkan Apple Intelligence di halaman yang sama. Anda sekarang telah berhasil mengaktifkan fitur Apple Intelligence.

Jika Anda tinggal di luar AS dan ingin mencoba fitur ini, ubah bahasa dan wilayah di perangkat Anda. Tentu saja, hal itu akan berdampak pada banyak hal seperti Perbankan dan aplikasi lain di perangkat Anda. Jadi lanjutkan sesuai keinginan Anda sendiri.

Buka Pengaturan > Umum > Bahasa & Wilayah. Atur wilayah ke Amerika Serikat dan bahasa ke Bahasa Inggris (AS). 

Selanjutnya, buka Pengaturan > Apple Intelligence dan Siri , dan atur bahasa Siri ke Bahasa Inggris (Amerika Serikat) . Setelah itu, Anda dapat bergabung dalam daftar tunggu Apple Intelligence dan mengakses fitur-fitur tersebut seperti gambar di atas.

3. Gunakan Fitur Apple Intelligence di iPhone, iPad dan Mac

Pembaruan terbesar dari semuanya adalah perubahan Siri. Dengan Apple Intelligence, Siri memiliki tampilan baru. 

Lebih penting lagi, Siri sekarang terdengar tidak terlalu robotik dan tidak ada jeda yang canggung di antara kata-kata. Anda dapat melanjutkan percakapan atau bahkan menghentikan Siri di tengah kalimat dengan mengajukan pertanyaan lain.

Baca Juga: 3 Cara Membuat Apple ID atau Akun iCloud di HP iPhone dan Laptop

Selain itu, Siri sekarang dapat melakukan beberapa tugas di ponsel Anda. Misalnya, ketika saya memintanya untuk menampilkan kata sandi Wi-Fi saya, aplikasi Kata Sandi langsung terbuka untuk menunjukkan kata sandi Wi-Fi saya. 

Namun, ketika saya memintanya untuk mengubah pengatur waktu kamera, ia tidak dapat melakukannya. Meskipun demikian, Siri kini dapat menyelesaikan banyak tugas di iPhone dan Mac Anda secara instan.

Apple AI juga menawarkan alat menulis. Daripada menggunakan ChatGPT atau Gemini, Anda dapat memeriksa tata bahasa, merangkum artikel, atau bahkan mengidentifikasi poin-poin penting langsung dari menu pop-up. Namun, warna dan hasilnya akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Nah begitulah cara mendapatkan fitur Apple Intelligence di iPhone. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria