KONTAN.CO.ID - Cara mengatasi kartu ATM Bank Mandiri yang terblokir saat bertransaksi. Nasabah bisa menyelesaikan masalah ini dengan datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Bank Mandiri merupakan salah satu bank swasta dengan jumlah nasabah terbanyak dan tersebar di Indonesia bahkan Luar Negeri. Kantor pelayanan serta unit ATM Mandiri pun bisa dengan mudah dijumpai di berbagai lokasi. Salah satu produk Mandiri adalah Kartu Debit Bank Mandiri yang mungkin sudah Anda miliki dan menjadi alat transaksi favorit.
Penyebab kartu ATM Bank Mandiri terblokir
- Salah Memasukkan PIN Berulang Kali: Kartu ATM bisa terblokir jika Anda salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut.
- Terdeteksi Transaksi Mencurigakan: Bank dapat memblokir kartu ATM secara otomatis jika terdeteksi adanya aktivitas atau transaksi mencurigakan untuk melindungi keamanan rekening Anda.
- Laporan Kehilangan atau Pencurian: Jika Anda melaporkan kartu ATM hilang atau dicuri, bank akan memblokir kartu untuk mencegah penyalahgunaan.
- Masa Berlaku Kartu Habis: Kartu ATM juga bisa diblokir jika masa berlakunya sudah habis dan belum diperbarui.
- Penggunaan di Mesin ATM yang Terindikasi Skimming: Jika kartu digunakan di mesin ATM yang terindikasi tidak aman atau ada potensi skimming, bank bisa memblokir kartu sebagai tindakan preventif.
- Permintaan Pemblokiran Secara Mandiri: Nasabah dapat meminta pemblokiran kartu ATM melalui aplikasi mobile banking atau dengan menghubungi layanan nasabah sebagai tindakan pencegahan.
1. Buka Blokir Kartu Debit Mandiri via Livin
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka blokir kartu debit atau kredit melalui aplikasi Livin':- Pada halaman beranda, pilih Pengaturan.
- Pilih Kartu Debit & Kartu Kredit.
- Pilih kartu debit atau kartu kredit yang ingin diaktifkan.
- Pilih kartu yang ingin dibuka blokirnya.
- Periksa kembali informasi kartu, kemudian tap Buka Blokir.
- Masukkan PIN Livin’.
- Tunggu hingga muncul notifikasi Kartu Aktif Kembali.
2. Buka blokir Kartu ATM Bank Mandiri di Cabang terdekat
Anda juga bisa melakukan permintaan pembukaan blokir Kartu Mandiri Debit melalui kantor cabang bila tidak memiliki akun Livin by Mandiri.- Nasabah datang ke cabang dan melakukan permintaan pembukaan blokir Kartu Mandiri Debit
- Mengisi form Permintaan/keluhan Nasabah
- Menunjukkan kartu identitas asli yang masih berlaku
- Setelah semua proses dilakukan, kartu Mandiri Debit dapat langsung digunakan.