Cara Mengetahui Kucing Demam Tanpa Termometer untuk Pertolongan Pertama



MOMSMONEY.ID - Demam pada kucing merupakan gejala dari berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan. Tahukan Anda bagaimana mengetahui kucing demam tanpa termometer? 

Cara mengetahui kucing demam tanpa termometer dapat Anda simak di artikel ini. Demam adalah peningkatan suhu tubuh sebagai akibat dari respons imun tubuh. 

Penting untuk membedakannya dari hipertermia, yang merupakan peningkatan suhu tubuh karena faktor eksternal. 


Baca Juga: 4 Cara agar Kucing Minum Lebih Banyak Air dengan Mudah dan Tanpa Paksaan

Misalnya, jika kucing kita berbaring di bawah sinar matahari, suhu tubuhnya mungkin lebih tinggi, tetapi itu bukan demam.

Termometer adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan untuk menentukan suhu tubuh kucing secara tepat. 

Mengutip Animal Wised, berikut ini cara mengetahui kucing demam tanpa termometer :

Beberapa orang mengklaim bahwa kita dapat mengetahui apakah kucing demam tanpa termometer dengan menyentuh hidung dan telinganya. 

Jika bagian tubuh kucing ini lebih hangat dari biasanya, mungkin itu karena demam. Namun, mungkin juga mereka duduk di dekat radiator atau terpapar sinar matahari dalam waktu lama. 

Baca Juga: Begini Cara Menemukan Kucing yang Hilang, Simak Tips Mencari Menurut Ahli

Karena alasan ini, meraba telinga atau menyentuh hidung bukanlah cara yang dapat diandalkan untuk mengetahui apakah kucing demam.

Gejala Demam Pada Kucing

Untuk mengetahui apakah kucing mengalami demam tanpa menggunakan termometer, ada beberapa tanda klinis yang biasanya menyertai peningkatan suhu tubuh ini. 

Berikut ini gejala demam pada kucing :

- Lesu

- Kantuk 

- Anoreksia atau nafsu makan menurun

- Nyeri 

- Kondisi Bulu Buruk 

Tanda-tanda klinis lainnya akan bergantung pada penyakit yang memicu respons imun dan demam berikutnya. Ini mungkin termasuk muntah, diare, keluarnya cairan dari hidung dan/atau mata, serta banyak lainnya.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui apakah kucing demam tanpa termometer, perhatikan perilaku mereka atau kemungkinan munculnya gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas. 

Penting juga untuk diketahui bahwa tidak semua penyakit kucing menyebabkan demam. 

Baca Juga: Jangan Sembarangan, Begini Cara Menggendong Kucing yang Benar

Bahkan jika Anda mengukur suhu tubuh bagian dalam hewan tersebut dengan termometer dan hasilnya normal, mereka mungkin sakit dan memerlukan perhatian dokter hewan. 

Kisaran suhu tubuh normal untuk kucing adalah 100,5-102,5°F (38,1-39,2°C) .

Untuk mengukur suhu tubuh kucing secara akurat, suhu tubuh kucing perlu diukur melalui anus. Cara ini tidak hanya memberikan hasil pengukuran suhu yang lebih akurat, tetapi juga lebih aman dan praktis. 

Jika kita mencoba mengukur suhu tubuh kucing secara oral, mereka mungkin menolak dan bahkan merusak termometer. Cara ini berbahaya jika kita menggunakan termometer yang mengandung merkuri atau zat berbahaya lainnya.

Hasil pembacaan suhu tubuh yang tinggi memerlukan pemeriksaan dokter hewan untuk mendapatkan diagnosis. Jika Anda tidak dapat mengukur suhu tubuh dengan termometer, tetapi melihat tanda-tanda demam, ini juga memerlukan konsultasi dokter hewan. 

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara mengetahui kucing demam tanpa termometer. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria