Cara Menggunakan Fitur AI Spotify untuk Membuat Daftar Putar Baru



MOMSMONEY.ID - Artificial Intelligence atau AI menjadi teknologi yang semakin mempermudah pengguna media sosial. Salah satunya fitur AI Spotify. Bagaimana cara menggunakan fitur AI Spotify?

Ada beberapa cara menggunakan fitur AI Spotify untuk membuat daftar putar baru. Membuat daftar putar di Spotify adalah salah satu kesenangan sederhana dalam hidup. 

Fitur AI Spotify dapat membantu Anda untuk membuat daftar putar atau playlist baru. 


Fitur ini bekerja dengan mencari kata kunci dalam pencarian Anda dan mengisi daftar putar dengan lagu-lagu yang cocok.

Meskipun AI terlibat, teknologi inti yang menggerakkan fitur ini adalah mesin rekomendasi Spotify. Spotify memiliki sejumlah metadata yang terkait dengan setiap lagu dan mencocokkan lagu dengan pengguna dan selera mereka.

Baca Juga: Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18, Tidak Semua Dapat Fitur AI Apple Intelligence

Nah, berikut ini cara membuat daftar putar baru di AI Spotify. 

1. Ketuk tab Perpustakaan Anda di bagian bawah aplikasi.

2. Ketuk tombol + di kanan atas aplikasi, lalu pilih AI Playlist dari opsi yang muncul.

3. Anda dapat menggunakan salah satu petunjuk yang disediakan, atau menuliskan petunjuk Anda sendiri pada kotak teks "Beritahu saya ide Anda".

4. Setelah Spotify membuat daftar putar, Anda dapat mengetuk + untuk menambahkan trek ke daftar putar atau mengetuk - untuk menghapusnya.

5. Setelah Anda puas dengan lagu-lagu yang disertakan, klik Buat di kanan bawah untuk menyimpan daftar putar ke perpustakaan Anda.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Fitur AI Apple di iPhone Series Lama Tanpa Harus Ganti HP

Perlu dicatat bahwa bahkan setelah Anda membuat daftar putar menggunakan alat AI Playlist, Anda masih dapat menyempurnakannya, mengeditnya, atau menghapusnya seperti yang Anda lakukan dengan daftar putar lainnya.

Ini berarti Anda dapat bereksperimen sepuasnya tanpa dibebani dengan daftar putar yang tidak Anda inginkan.

Membuat Spotify membuat Daftar Putar AI jelas sangat mudah. ​​Namun, Anda mungkin tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, di sinilah penyempurnaan perintah teks yang Anda berikan kepada AI berperan. 

Spotify dan bot AI-nya hanya sebaik perintah yang dilihatnya, jadi semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan, semakin baik.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyertakan semua informasi yang relevan dalam permintaan awal. Sertakan lebih dari satu elemen, baik genre, suasana hati, artis, atau dekade.

Misalnya, "musik rock tahun 70-an dengan nuansa ceria" akan menghasilkan daftar putar yang jauh lebih baik daripada "rock tahun 70-an" jika sendiri.

Selanjutnya, cobalah untuk menyertakan lebih dari sekadar genre atau dekade, seperti tempat, aktivitas, atau warna. Contohnya adalah "Bawa aku kembali ke Paris," "Lagu-lagu berenergi tinggi untuk berolahraga," dan "Lagu-lagu untuk menghiburku saat aku merasa sedih".

Baca Juga: Apple akan Luncurkan iPhone 16 Senin (9/9) Ini, Fitur AI Jadi Unggulannya

Spotify bahkan membuat daftar putar yang solid untuk saya berdasarkan, "Lagu-lagu dengan palet warna yang lembut," yang dipenuhi dengan artis-artis biasa yang menyanyikan lagu-lagu melankolis.

Terakhir, pastikan untuk menerima tawaran Spotify untuk "Memperbaiki daftar putar ini," yang memberikan petunjuk lebih lanjut tentang cara mengubah lagu yang ditambahkan agar sesuai dengan keinginan. 

Dan jika Spotify masih belum berhasil, hapus saja percakapan dan mulai lagi.

Demikian cara menggunakan fitur AI Spotify untuk membuat daftar putar baru. Selamat mencoba! 

Selanjutnya: Cara Prabowo-Gibran Kerek Tax Ratio Hingga 23% Tanpa Kenaikan Tarif Pajak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria