Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dengan Mudah (Windows 10/Windows11)



KONTAN.CO.ID - Begini cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan mudah (Windows 10/Windows 11). Hubungkan HDMI atau VGA ke laptop Anda, biasanya terletak di bagian kanan atau kiri laptop.

Anda masih bingung bagaimana cara menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10 atau Windows 11? Tidak sulit kok, Anda dapat mengikuti pembahasan seputar menghubungkan laptop ke proyektor, lengkap dengan langkah-langkah yang harus diikuti.

Di saat-saat tertentu, Anda pasti membutuhkan proyektor untuk melakukan presentasi atau kegiatan sejenis yang membutuhkan layar lebar.


Di sisi lain, terkadang Anda juga membutuhkan dual display alias dua layar untuk kebutuhan tertentu untuk meningkatkan produktivitas.

Untuk itu, kami memberikan sedikit tips mudah untuk menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10 dan Windows 11. Tips ini bisa Anda coba juga untuk menghubungkan laptop dengan monitor.

Sebelum menghubungkan laptop dengan proyektor, Anda perlu mengetahui port yang mendukung. Umumnya proyektor masih menggunakan port VGA, ini merupakan port yang cukup mainstream.

Baca Juga: WhatsApp Memperkenalkan Fitur yang Berguna Jika Anda Tidak Sengaja Menghapus Pesan

Sayangnya, laptop keluaran terbaru sekarang ini sudah mulai meninggalkan port VGA. Lalu, bagaimana solusinya? Anda perlu alat tambahan yang disebut converter VGA to HDMI.

Di pasaran alat ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Anda dapat mengeceknya di e-commerce lokal dengan harga berkisar Rp 60.000-an saja.

Jika Anda sudah memiliki converter tersebut, sekarang ikuti langkah-langkah berikut ini.

Baca Juga: Cara Download CapCut Video Editor di Laptop Windows 10 Gratis 2022 dan Link Resmi

Cara menghubungkan laptop ke proyektor

Sebagai tambahan informasi, jika laptop Anda memiliki port VGA silahkan hubungkan atau colok saja, tidak perlu converter tambahan. Berikut cara menghubungkan laptop ke proyektor:

  1. Hubungkan converter VGA to HDMI ke laptop, jika laptop Anda memiliki colokan atau port VGA silahkan langsung colok saja.
  2. Sekarang hubungkan kabel HDMI dari converter tersebut ke laptop Anda.
  3. Jika sudah terhubung tekan tombol Windows (simbol Windows di keyboard) + P.
  4. Pilih jenis output yang Anda inginkan, misalnya duplicate, extend atau hanya menampilkan di proyektor saja.
  5. Selamat! Anda berhasil menampilkan apa yang ada di layar laptop ke proyektor.
Baca Juga: Download WhatsApp Terbaru 2022 Semua Versi (Android, iOS, Desktop) dan Link Resmi

Di Windows 10 dan Windows 11 terdapat beberapa opsi untuk menampilkan apa yang ada di laptop ke proyektor. Berikut ini opsi di Windows 10 dan Windows 11 untuk menampilkan layar laptop ke proyektor:

  • PC Screen Only, opsi ini bisa Anda pilih jika belum siap menampilkan apapun di proyektor. Jadi display hanya tampil di laptop Anda saja.
  • Duplicate, opsi ini bisa Anda pilih jika ingin menampilkan ke proyektor dengan tampilan yang sama persis dengan laptop. Sesuai dengan namanya dupliacate alias duplikasi.
  • Extend, opsi ini bisa Anda pilih untuk memperluas jangkauan layar Anda. Jadi tampilan layar jauh lebih luas, Anda bisa menampilkan presentasi di proyektor, sementara layar laptop untuk browsing, misalnya.
  • Second Screen Only, opsi ini akan menampilkan layar proyektor sebagai layar utamanya. Sementara layar laptop akan mati.
Mudah bukan? Anda bisa memilih opsi sesuai yang dibutuhkan. 

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News