Cara Menjaga Bunga Potong Tetap Segar Lebih Lama Menggunakan Bahan Dapur



MOMSMONEY.ID - Vas bunga yang penuh dengan bunga segar dan cerah dapat menambah kesan menarik di rumah. Berikut ini terdapat cara menjaga bunga potong tetap segar lebih lama. 

Cara menjaga bunga potong tetap segar lebih lama cukuplah mudah. Sebelum menyimak cara tersebut, Anda perlu mengetahui memotong bunga dengan benar. 

Ya, ada cara yang tepat untuk mengambil bunga potong jika Anda ingin bunga tersebut tetap segar lebih lama. 


Baca Juga: Cara Memangkas Bunga Mawar agar Berbunga Lebih Banyak

Potong ujung tangkai bunga setidaknya dua cm pada sudut 45 derajat. Pemangkasan pada sudut tertentu memastikan area yang cukup bagi tangkai untuk menyerap air secara efisien.

Setelah Anda memotong bunga, bersihkan tangkainya dan singkirkan semua kotoran atau serpihan yang tersisa. Selanjutnya, singkirkan semua daun bagian bawah dan daun yang layu.

Sekarang setelah Anda menyiapkan bunga, saatnya menyiapkan vas. Cari vas yang sesuai dengan bentuk dan ukuran bunga, dan tentu saja, pastikan vas benar-benar bersih!

Jika bunga potong Anda ringan dan lembut, pilih vas yang lebih tinggi. Namun, Anda akan membutuhkan wadah yang lebih pendek dan kokoh untuk menampung bunga yang lebih besar seperti  bunga Gerbera. 

Selanjutnya, isi tiga perempatnya  dengan air hangat dan tambahkan pupuk bunga.

Baca Juga: Daftar Bunga Potong yang Bisa Ditanam Lagi di Pot dan Cara Menanamnya

Biasanya, bunga yang dijual di pasaran disertai dengan bungkus makanan yang membantu menjaga kesegarannya dan menghambat pertumbuhan bakteri akibat keasaman.

Anda selalu bisa mendapatkannya dari pusat tanaman atau daring, tetapi itu bukan satu-satunya cara. 

Berikut cara menjaga bunga potong tetap segar lebih lama:

1. Gunakan gula

Gula meniru nutrisi yang diperoleh bunga dari akarnya, membantu bunga tetap segar lebih lama. Namun, Anda perlu menyesuaikan jumlahnya berdasarkan jenis bunga yang Anda rangkai.

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri, menyumbat batang, dan menghalangi penyerapan air. Dan beberapa bunga seperti krisan dan bunga daffodil sama sekali tidak membutuhkan gula!

Secara umum, bunga dapat menikmati konsentrasi gula 2% atau satu sendok teh per liter (seperempat galon) air. Beberapa bunga seperti gladiol, yang menyimpan energi di bawah tanah dalam umbi, umbi akar, dan rimpang, dapat menikmati dosis yang lebih manis. 

Baca Juga: 5 Cara Tetap Segar Setelah Semalaman Begadang, Pekerja Bisa Coba

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tangkai bunga gladiol yang dipotong mekar lebih baik saat direndam dalam konsentrasi gula tinggi hingga 20% selama hampir seharian penuh, pada suhu sekitar 68 F (20 C).

Jadi, masuklah ke sana dan lihat jenis bunga potong di vas Anda dan apa yang sebenarnya dibutuhkannya.

2. Hancurkan dan campur aspirin

Bunga potong seperti mawar, tulip, dan krisan lebih menyukai sedikit keasaman agar tumbuh lebih baik. Kini, aspirin dapat menurunkan pH air dan bertindak sebagai disinfektan sekaligus membantu bunga ini menyerap air lebih baik.

Setelah Anda mengetahui apakah bunga Anda mengandung diabetes atau tidak, kami sarankan untuk memadukan aspirin dengan gula.

Anda dapat menambahkan satu atau dua tablet aspirin yang dihancurkan dengan satu sendok teh gula ke dalam satu liter air. 

Beberapa tetes pemutih juga dapat membantu mengurangi bakteri.

Sekarang, cukup rendam tangkai bunga potong Anda dalam larutan ini dan isi ulang setiap 5-6 hari. Selain itu, potong kembali tangkainya untuk memastikan penyerapan air yang baik pada bunga potong.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Parfum Pria Aroma Sensual yang Disukai Wanita, Segar & Tahan Lama

3. Pengawet bunga potong buatan sendiri

Meskipun bungkusan makanan dari pembibitan sudah cukup, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Berikut resepnya :

Tambahkan dua sendok makan cuka putih, gula, dan setengah sendok teh pemutih klorin rumah tangga ke dalam satu liter air. 

Aduk rata dan gunakan air yang mengandung pengawet ini untuk bunga potong Anda. Hasilnya akan mengejutkan Anda.

4. Campuran soda lemon dan jeruk nipis

Campuran soda lemon-jeruk nipis adalah obat rumahan lain untuk menjaga kesegaran bunga potong lebih lama . Asam sitrat membantu menurunkan pH air, seperti aspirin.

Campurkan sebagian minuman ini (bukan soda diet) dengan tiga bagian air hangat. Dan jangan lupa tambahkan seperempat sendok teh pemutih ke dalam larutan.

Nah, itulah beberapa cara menjaga bunga potong tetap segar lebih lama. Selamat mencoba.

Selanjutnya: Cermati Rekomendasi Teknikal Saham PWON, ASII, dan PTPP Untuk Kamis (3/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria