Cara Merawat Bunga Peace Lily untuk Mendapatkan Pertumbuhan yang Lebih Baik



MOMSMONEY.ID - Bunga peace lily merupakan tanaman tropis yang menakjubkan dengan dedaunan hijau dan bunga yang tahan lama. Nah, berikut ini terdapat cara merawat bunga peace lily.

Cara merawat bunga peace lily tergolong mudah. Anda dapat mengikuti cara merawat bunga peace lily melalui artikel ini. 

Bunga peace lily memiliki beberapa jenis dengan cara perawatan yang berbeda. Memasuki musim dingin, Anda dapat menyimak cara merawat bunga peace lily sebagai berikut :


Baca Juga: Cara Merawat Bunga Paskah, Lily Easter yang Jadi Primadona

1. Pangkas Sedikit

Setelah bunga lili perdamaian Anda mekar di musim semi dan musim panas, bunga itu mungkin akan mekar lagi di musim gugur jika semua kebutuhannya terpenuhi. Saat bunganya layu, potong tangkai di bagian bawah untuk membuang tangkai yang layu. Selain itu, singkirkan daun berwarna cokelat dan kuning serta bagian yang layu dengan hati-hati.

Hal ini memungkinkan tanaman untuk fokus dan menghemat energinya selama dormansi musim dingin. 

2. Berikan Cahaya 

Sekarang, saat Anda memindahkan tanaman ke dalam ruangan, terutama saat cuaca dingin, jumlah cahaya yang diterimanya dapat berkurang. 

Peace lily adalah tanaman bawah yang mendapat cahaya yang disaring dari tajuk pohon. Tanaman ini dapat mentoleransi semua kondisi naungan, tetapi lebih menyukai cahaya matahari yang tersebar selama minimal 2-4 jam setiap hari.

Jendela yang menghadap ke timur adalah tempat yang ideal dengan perpaduan antara naungan dan cahaya. 

Dan jangan lupa untuk memutar tanaman secara teratur sehingga semua bagian menerima sinar matahari yang sama. Anda juga dapat menggunakan lampu tanam untuk ini.

3. Jaga Kelembaban

Baca Juga: Cara Memangkas Bunga Mawar agar Berbunga Lebih Banyak

Tanaman tropis yang cantik ini menyukai dan membutuhkan kelembapan 50-60% agar daun dan bunganya tumbuh subur. 

Saat kelembapan menurun selama musim gugur dan musim dingin, cukup semprotkan air ke tanaman atau gunakan pelembap udara untuk meningkatkan tingkat kelembapan.

4. Periksa Hama

Hama tertentu seperti kutu putih, kutu daun, dan tungau laba-laba dapat menyerang bunga lili perdamaian Anda bahkan selama musim gugur dan musim dingin. 

Cari tanda-tandanya, seperti kelompok kecil pada daun atau residu lengket. Banyak hama bertelur tanpa diketahui; mereka bersembunyi di bagian bawah daun atau di dalam tanah.

Saat cuaca mendingin, beberapa hama dan telurnya mungkin akan mati suri, dan akan aktif kembali di musim semi saat suhu meningkat. Untuk mencegah serangan hama, pastikan tanaman Anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik dan cahaya tidak langsung yang cukup.

5. Bersihkan Daun

Bunga lili perdamaian Anda mungkin sedang menuju dormansi, tetapi itu adalah alasan yang lebih tepat untuk menjaganya tetap bersih! 

Debu, jamur, hama, semuanya menikmati kelalaian yang datang bersama musim dingin, ketika semua perhatian Anda tertuju pada tanaman lain yang sedang berbunga di musim dingin.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Sayuran dalam Pot Cocok Ditanam di Bulan September

Daun biasanya mulai menghitam di bagian ujung karena drainase yang buruk, atau memiliki jaring putih dan residu lengket karena hama. Menyeka daun dengan lembut menggunakan alkohol, sabun insektisida, atau air hangat saja, akan mencegah masalah ini menjadi lebih parah.

6. Kurangi Penyiraman

Saat tanaman bersiap untuk dormansi, tanaman tidak membutuhkan banyak air di bulan-bulan musim gugur dan musim dingin yang lebih dingin. 

Karena sinar matahari tidak cukup untuk mengeringkan tanah, penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan masalah jamur, pembusukan akar, dan layunya dedaunan.

Siram hanya jika tanah kering saat disentuh, dan pastikan tanah suam-suam kuku untuk menghindari kejutan pada tanaman. Gunakan hanya campuran tanah yang memiliki drainase baik, dan buat lubang drainase yang cukup di dalam wadah.

7. Hentikan Pemupukan 

Hal penting yang "tidak boleh" dilakukan di musim gugur adalah pemupukan! 

Bunga lili perdamaian Anda bersiap untuk melambat, dan nutrisi tambahan apa pun di tanah justru akan membuatnya stres alih-alih menghasilkan bunga musim dingin yang mengejutkan.

Biarkan tanaman Anda mendingin selama waktu ini sehingga tidak terjadi penumpukan garam di tanah, yang pada akhirnya dapat merusak akar. Dan saat musim semi tiba, bunga lili perdamaian Anda akan beristirahat dengan baik, dirawat dengan baik, berbunga, dan  tumbuh subur selama bertahun-tahun mendatang!

Nah itulah beberapa cara merawat bunga peace lily untuk mendapatkan pertumbuhan yang lebih baik. 

Selanjutnya: London Marathon Catatkan Rekor, Berhasil Kumpulkan Dana Amal 73,5 Juta Poundsterling

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria