KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerapkan pengecekan (checking) riwayat nasabah di bank atau lembaga keuangan lainnya. Nama layanan ini adalah Sistem Layanan Informasi Keuangan alias SLIK. Sebelum SLIK OJK, layanan ini dikelola oleh Bank Indonesia (BI) dengan istilah BI checking. Setelah adanya SLIK OJK, BI sudah tidak lagi melayani kegiatan operasional pengecekan data nasabah. Dari layanan SLIK ini, akan ditemukan riwayat kredit nasabah yang dimasukan dalam Sistem Informasi Debitur (SID).
Cara mengecek lewat SLIK OJK online
- Tahap Pertama:- Buka laman https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi/;
- Pilih jenis informasi debitur dan tanggal antrean yang tersedia;
- Klik ‘lanjut’,
- Isi seluruh data yang diminta secara lengkap dan benar;
- Upload foto atau scan dokumen persyaratan SLIK online;
- Tunggu bukti registrasi antrean SLIK online dari email OJK;
- Tunggu OJK melakukan verifikasi data;
- Informasi hasil verifikasi;
- Antrian SLIK online paling lambat H-2 dari tanggal antrean.
- Data dan dokumen yang telah memenuhi persyaratan ikuti instruksi pada e-mail;
- Cetak formulir di email dalam jumlah tiga rangkap tanda tangan formulir dalam jumlah tiga rangkap;
- Foto atau scan formulir yang dicetak dan kirim ke nomor WhatsApp OJK;
- Foto tersebut dilakukan dengan foto selfie dengan menunjukkan KTP;
- OJK melakukan verifikasi lanjutan via WhatsApp;
- OJK mengirimkan hasil informasi debitur (iDeb) SLIK online lewat email saat data disetujui.
- Skor 1: Kredit Lancar, debitur memenuhi kewajiban untuk membayar cicilan dan tidak pernah menunggak.
- Skor 2: Kredit Dalam Perhatian Khusus (DPK), debitur tercatat menunggak cicilan 1-90 hari.
- Skor 3: Kredit Tidak Lancar, debitur tercatat menunggak cicilan 91-120 hari.
- Skor 4: Kredit Diragukan, debitur tercatat menunggak cicilan 121-180 hari.
- Skor 5: Kredit Macet, debitur tercatat menunggak cicilan lebih dari 180 hari.
Cara mengakses SLIK
Masyarakat dapat meminta informasi debitur melalui SLIK dengan mengakses https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/registrasi/. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini, seperti dikutip dari laman OJK:- Fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa KTP (untuk WNI);
- Fotokopi identitas diri dan menunjukkan identitas asli berupa paspor (untuk WNA); dan
- Surat kuasa asli serta fotokopi dan asli identitas pemberi kuasa (bila dikuasakan).
- NPWP;
- Akta pendirian perusahaan;
- Perubahaan anggaran dasar akhir yang memuat susunan beserta kewenangan pengurus dengan identitas asli pengurus dan - badan usaha (atau fotokopi terlegalisir);
- Membawa surat kuasa asli, fotokopi dan asli identitas badan usaha, fotokopi dan asli identitas pemberi dan penerima kuasa (apabila dikuasakan).