Cara Tepat Membersihkan Kamar Mandi, Lakukan Langkah-langkah Ini!



MOMSMONEY.ID - Ada ungkapan bahwa jika ingin tahu seberapa bersih seseorang, periksa kamar mandinya. Oleh karena itu penting untuk tahu cara tepat membersihkan kamar mandi!

Kamar mandi adalah salah satu area yang mudah kotor, licin dan memiliki bau tidak sedap. Oleh karena itu kamar mandi harus sering dibersihkan. Apalagi jika akan ada tamu menginap, ini termasuk area prioritas untuk dibersihkan.

Baca Juga: Ini Pentingnya Skin Barrier Menurut Fabil Natural dan Cosmax


Terkadang membersihkan kamar mandi adalah pekerjaan yang menyebalkan dan menjijikan. Namun Anda harus membersihkan, mulai dari lantai yang sudah licin, bekas sabun, cermin yang memutih dan banyak lagi. 

Untuk mempermudah cara membersihkan kamar mandi yang efisien, Anda bisa menggunakan panduan di bawah ini. Simak cara tepat membersihkan kamar mandi ini yuk!

Bersihkan debu-debu pada keset kamar mandi dan handuk

Melansir Apartment Therapy, cara pertama membersihkan kamar mandi adalah membersihkan keset kamar mandi untuk menghilangkan debu yang berlebihan. Kemudian bawa keset an handuk ke ruang cuci. Selain itu sapu terlebih dulu lantai dan langit-langit. Hilangkan semua debu yang ada. 

Bersihkan debu dari atas ke bawah

Cara membersihkan kamar mandi secara efektif adalah mulai dari atas hingga bawah. Ambil kemoceng atau sapu panjang untuk membersihkan area paling tinggi yang perlu dibersihkan. 

Baca Juga: Bebas Greasy, Ini 5 Cara Pakai Cushion untuk Kulit Berminyak

Bersihkan kaca dan cermin

Semprotkan sedikit air ke cermin dan kaca pada kamar mandi jika ada. Bersihkan dengan kain mikrofiber atau bahan bebas serat lainnya, seperti kaus lama atau penyaring kopi. Kemudian, ganti sisi kain dan gosok hingga mengilap kering. Anda juga dapat menggunakan alat pembersih kaca untuk menjaga agar tidak ada noda.

Bersihkan keran dan perlengkapannya

Selanjutnya bersihkan keran Anda dengan pembersih kaca dan menggunakan kain. Gunakan produk pembersih serbaguna dan gunakan sikat gigi untuk membersihkan area yang kecil dan sulit dijangkau dengan kain.

Bersihkan dispenser sabun dan peralatan lainnya

Setelah menghilangkan debu yang menempel pada peralatan ini tadi, sekarang saatnya Anda mencucinya. Gunakan pembersih serba guna dan kain lap untuk membersihkan wadah sabun dan barang lainnya yang ada di kamar mandi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kotak Masuk Gmail Penuh dan Dapat Ruang Penyimpanan Gratis

Bersihkan seluruh permukaan

Kini saatnya Anda membersihkan seluruh permukaan yang ada di kamar mandi. Gunakan lap dan pembersih serbaguna. Lakukan ini sebelum Anda membersihkan wastafel atau bak mandi. 

Gosok wastafel atau bak mandi

Anda bisa menggunakan soda kue untuk membersihkan wastafel dan bak mandi. Gunakan sikat pembersih untuk membersihkan kedua area ini. Mulai dari tepi luar hingga lanjutkan ke arah saluran pembuangan. Anda bisa menggunakan sikat gigi untuk membersihkan area tepi saluran pembuangan. Jika sudah, bilas hingga bersih.

Bersihkan toilet

Cara membersihkan toilet kamar mandi adalah bersihkan dari bagian yang paling tidak kotor. Gunakan lap kering untuk membersihkan debu-debu kemudian semprotkan cairan boembersih dan taburkan sedikit soda kue ke dalam toilet. Jika sudah, sikat toilet bagian dalam dan bilas hingga bersih. 

Bersihkan lantai

Jika semua bagian sudah bersih, kini saatnya membersihkan lantai kamar mandi yang menampung semua sisa kotoran tadi. Anda bisa menggosok lantai kamar andi dengan pembersih serbaguna. Jangan lupa area sekitar belakang toilet. 

Itu tadi cara membersihkan kamar mandi. Jangan lupa untuk memeri disinfektan jika perlu. Kemudian buang tempat sampah di kamar mandi dan isi wadah sabun maupun shampo, serta pasang keset dan handuk baru.

Selanjutnya: Bank Jatim Kantongi Restu Pemegang Saham untuk Suntik Modal ke Bank Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta