Cara Terhindar dari Penipuan di Aplikasi X atau Twitter yang Perlu Diwaspadai



MOMSMONEY.ID - Aplikasi X atau sebelumnya dikenal dengan nama Twitter, memiliki pengguna aktif yang sangat banyak. Anda perlu mewaspadai enam penipuan di aplikasi X.

Ada beberapa penipuan di aplikasi X yang dapat merugikan Anda. Untuk berhasil melindungi diri dari penipuan X yang umum, pertama-tama Anda harus memahami apa itu, bagaimana cara kerjanya, dan mengapa penipuan itu berbahaya.

Mengutip Make Use Of, berikut ini terdapat jenis-jenis penipuan di aplikasi X beserta cara menghindarinya. 


Baca Juga: Selain Brazil, Sederet Negara Ini juga Pernah dan Masih Memblokir X (Twitter)

1. Penipuan Phising Verifikasi

Tidak ada platform media sosial yang kebal terhadap phishing, serangan siber di mana pelaku ancaman berpura-pura menjadi seseorang atau sesuatu yang bukan dirinya. Penipu di X memiliki opsi yang hampir tak terbatas untuk melakukan phishing kepada pengguna.

Misalnya, mereka mungkin menggunakan phishing email , yang melibatkan pengiriman pesan palsu untuk menghasut target agar memasukkan kredensial mereka.

Kampanye phishing serupa telah mengganggu X sejak awal, dengan penjahat dunia maya mengembangkan cara yang semakin inovatif untuk mendapatkan kredensial pengguna.

Baca Juga: 5 Cara Dapat Uang dari Aplikasi X, Bikin Cuitan Bisa Hasilkan Cuan

Namun, terlepas dari siapa yang memimpin X, hal ini tidak akan berubah, jadi hal terbaik yang dapat Anda lakukan sebagai pengguna adalah menyiapkan verifikasi dua faktor dan memverifikasi dengan cermat setiap email yang mengaku berasal dari jejaring sosial.

2. Penipuan Akun Terverifikasi yang Diretas

Tanda centang biru X telah lama menjadi lambang kehormatan yang hanya diberikan kepada individu-individu paling terkemuka, seperti selebritas, politisi, dan influencer. 

Di sisi lain, penjahat dunia maya selalu mencari bukti sosial yang menyertai tanda centang biru. Untuk mendapatkannya, mereka sering kali meretas akun-akun terverifikasi.

3. Penipuan Kripto

Penipuan sangat umum terjadi di dunia kripto, dan banyak yang dilakukan melalui X. Jika Anda mengikuti akun yang terkait dengan mata uang kripto, atau jika Anda memposting tentang kripto dari waktu ke waktu, kemungkinan besar Anda pernah menemukannya.

Untuk tetap aman dari penipuan terkait kripto di X, pastikan Anda memeriksa dengan cermat semua informasi tentang aset tertentu, dan hanya berdagang di bursa mata uang kripto yang aman.

4. Penipuan Bot

Beberapa bot X sulit dikenali dan sekilas tampak seperti akun biasa, jadi Anda harus selalu memeriksa dengan saksama setiap akun yang tampak mencurigakan, terutama jika akun tersebut menyebarkan tautan dalam balasan ke kiriman lain atau mengirim pesan langsung. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Aplikasi X Berhenti di Logo hingga Tidak Bisa Dibuka

Jika Anda menduga akun yang berinteraksi dengan Anda adalah bot jahat, blokir atau nonaktifkan akun tersebut, lalu laporkan ke X.

5. Penipuan Layanan Pelanggan

Ketika suatu layanan menjadi tidak menyenangkan, siapa yang tidak suka mengeluhkannya di media sosial? Ternyata, jika Anda melakukannya lagi, penipu mungkin akan mencoba memanfaatkan kemarahan Anda untuk melawan Anda.

Ada laporan tentang penipu yang menggunakan akun bisnis palsu dan mencari orang yang mengeluh tentang layanan bisnis target. Mereka kemudian menawarkan bantuan, meminta pengguna untuk meneruskan korespondensi ke DM.

Jika Anda dihubungi oleh perusahaan di X yang ingin membantu Anda dengan keluhan terkini, pastikan untuk mencari tanda-tanda yang menunjukkan bahwa akun tersebut palsu. 

Nama pengguna yang tampak aneh dan tidak ada verifikasi adalah petunjuk utama bahwa akun tersebut sebenarnya bukan seperti yang disebutkan. Jika ragu, jangan membalas dan gunakan saluran dukungan online layanan tersebut sebagai gantinya.

Nah itulah beberapa cara terhindar dari penipuan di aplikasi X atau Twitter. Saatnya Anda untuk waspada!

 

Selanjutnya: 4 Manfaat Plank untuk Tubuh, Begini Cara Melakukannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria