Cara Ubah HP Lama Menjadi Kamera CCTV Menggunakan Tips Praktis dan Mudah



MOMSMONEY.ID - Apakah Anda memiliki HP lama yang sudah tidak terpakai? Jika iya, segera manfaatkan HP lama menjadi kamera CCTV menggunakan cara praktis dan mudah berikut ini.

Ya, ada cara ubah HP lama jadi cctv menggunakan tips berikut ini. Anda dapat memanfaatkannya menjadi kamera CCTV atau kamera keamanan di rumah. 

Dengan sedikit waktu, kesabaran, dan aplikasi gratis, cukup mudah untuk mengubah telepon pintar lama menjadi kamera keamanan atau CCTV. Berikut cara ubah HP lama jadi CCTV menggunakan tips praktis:


Baca Juga: Cara Melacak HP Android yang Hilang dalam 3 Tahapan Mudah

1. Instal Aplikasi Kamera Keamanan di HP Lama

Untuk memulai, Anda perlu memilih aplikasi kamera keamanan. Sebagian besar aplikasi menawarkan banyak fitur yang sama, seperti streaming lokal, streaming cloud, perekaman dan penyimpanan rekaman secara lokal atau jarak jauh, serta deteksi dan peringatan gerakan. 

Setelah pengaturan selesai, Anda akan dapat memantau ruang tempat tinggal dan mengendalikan kamera keamanan dari mana saja, langsung dari ponsel baru Anda.

Salah satu pilihan aplikasi terbaik untuk mengatur ponsel Anda sebagai kamera keamanan adalah Alfred. 

Baca Juga: Cara Mengubah HP Android Jadi Ponsel Jadul untuk Mendengarkan Musik

Aplikasi ini bersifat lintas platform, jadi tidak masalah apakah ponsel lama Anda adalah ponsel Android atau iPhone. 

Alfred gratis digunakan dan memberi Anda tampilan jarak jauh dari umpan langsung, deteksi gerakan dengan peringatan, penyimpanan awan gratis, umpan audio dua arah, dan penggunaan kamera depan dan belakang. 

ntuk membuka fitur tambahan, seperti tampilan dan perekaman beresolusi lebih tinggi, kemampuan zoom, penghapusan iklan, dan penyimpanan awan 30 hari, Anda dapat meningkatkan ke Alfred Premium. 

Caranya:

- Unduh Alfred di ponsel lama dan baru Anda. Anda tidak harus menggunakan ponsel sebagai alat pemantauan. Anda juga dapat mengunduh Alfred ke tablet atau PC jika Anda ingin mengawasi dari sana. Pastikan aplikasi tersebut ada di kedua perangkat.

- Pada ponsel baru, geser ke bagian pengantar dan ketuk Mulai. Pilih Penampil dan ketuk Berikutnya. 

Baca Juga: 10 HP dengan Kualitas Kamera Terbaik di September 2024, Huawei Juaranya

- Setelah Anda masuk ke halaman masuk, klik Masuk dengan Google (diperlukan akun Google) dan masuk dengan kredensial akun Google Anda.

- Pada ponsel lama, ulangi langkah yang sama, tetapi jangan pilih Viewer, pilih Camera. Pastikan untuk masuk ke akun Google yang sama.

Di iOS, Anda hanya dapat mengaktifkan deteksi gerakan, memilih antara kamera depan dan belakang, serta mengaktifkan atau menonaktifkan audio.

Jika Anda menggunakan perangkat Android, Anda memiliki opsi tersebut dan juga dapat mengaktifkan fokus berkelanjutan, membuat Alfred otomatis terbuka kembali jika ponsel di-boot ulang, mengatur resolusi, dan mengaktifkan kunci kode sandi.

2. Pilih Tempat 

Setelah streaming berjalan, Anda perlu menyiapkan dan memposisikan kamera. Anda mungkin ingin memfokuskannya pada titik masuk utama ke rumah, halaman belakang, tempat penyimpanan barang berharga, atau titik yang menurut Anda mungkin sangat rentan.

Anda juga dapat menyiapkan kamera IP sebagai monitor bayi. 

Jika Anda memiliki beberapa ponsel lama, Anda dapat memasang beberapa kamera untuk cakupan video yang cukup kuat.

Baca Juga: 10 HP dengan Kualitas Kamera Terbaik di September 2024, Huawei Juaranya

3. Pasang dan Nyalakan Kamera

Untuk memasang atau memosisikan kamera, tripod ponsel pintar kecil atau dudukan mobil dengan cangkir hisap dapat berfungsi dengan sangat baik dan membantu Anda memosisikan kamera di tempat yang tidak mencolok.

Untuk memperluas bidang pandang, pertimbangkan untuk membeli lensa sudut lebar untuk ponsel Anda. 

Nah, itulah beberapa cara ubah hp lama menjadi kamera cctv dengan langkah yang praktis. 

Selanjutnya: Erajaya Digital Gelar erafone Gadget Festival di Lippo Mall Puri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria