Carlos Slim siapkan TV internet



MEXICO CITY. Miliarder asal Meksiko, Carlos Slim bakal menambah deretan bisnis di kancah dunia telekomunikasi. Dia akan membiayai jaringan televisi internet baru bernama bernama Ora.tv. Jaringan ini akan menampilkan konten berdasarkan permintaan, termasuk beberapa program berformat tradisional. Bahkan jaringan televisi ini akan menampilkan acara televisi yang dipandu host ternama asal Amerika Serikat, Larry King.

Belum diketahui berapa besar dana yang akan digelontorkan oleh Slim. Tetapi bisa dipastikan bahwa perusahaan baru ini akan dipimpin oleh Jon Housman, mantan petinggi jaringan jurnalisme digital milik Raja Media asal Inggris, Rupert Murdoch. Ora.tv dikabarkan mulai mengudara tahun ini, meski belum ada kepastian tanggal.

Dalam situsnya, Ora.tv nantinya berada di bawah Slim Amerika Movil, salah satu perusahaan terbesar di dunia telekomunikasi milik Carlos Slim. Sebagai gambaran, America Movil saat ini merupakan penyedia utama televisi berbayar di Amerika Latin. Jaringan ini menawarkan layanan kabel dan satelit kepada 13 juta pelanggan. Asal tahu saja, America Movil juga memiliki saham di jaringan media New York Times Co.


Sebagai tambahan, Carlos Slim Helu baru saja dinobatkan sebagai orang terkaya sejagat oleh majalah Forbes. Meski asetnya menyusut US$ 5 miliar karena harga saham America Movil turun, belum ada miliader yang mampu menyainginya. Kekayaaan pria berusia 72 tahun ini mencapai US$ 69 miliar pada Maret 2012. Tahun ini adalah ketiga kalinya bagi Slim berada di puncak orang-orang terkaya sejagat.

Editor: Wahyu T.Rahmawati