Cat Susu Lagi Populer, Kenali Salah Satu Jenis Cat Rumah Ini yuk



MOMSMONEY.ID - Cat susu atau milk paint adalah salah satu jenis cat rumah yang tengah populer saat ini. Seperti apa itu cat susu?

Cat susu memiliki hasil akhir yang cukup berkapur. Ini membuat sebagian orang berpikir jenis cat ini cepat usang dan tidak bertahan lama. 

Namun, melansir Better Homes & Gardens, cat susu adalah salah satu jenis cat yang paling tahan lama dan yang paling tua. Jenis cat ini digunakan ribuan tahun yang lalu dalam gambar-gambar gua yang masih ada hingga saat ini.


Baca Juga: Dulux Bagi Panduan Cat Rumah Menarik, Penasaran?

Apa itu cat susu atau milk paint?

Cat susu adalah jenis cat rumah berbahan dasar air yang tidak beracun dan ramah lingkungan. Cat susu terbuat dari bahan alami seperti protein susu (kasein), kapur dan tanah liat. 

Cat susu tidak menggunakan pelarut, pengikat dan berbagai bahan aditif lain seperti jenis cat umumnya. Sehingga, cat ini aman digunakan di dalam ruangan dan tidak mengeluarkan asap serta bau. 

Cat susu tersedia dalam bentuk bubuk dan dicampur dengan air sebelum digunakan. Larutan ini bisa Anda simpan hingga seminggi. Sedangkan bubuk yang belum tercampur dengan air dapat disimpan selama satu hungga dua tahun tanpa mengurangi warna atau formulanya. 

Baca Juga: Ini Pilihan Kombinasi Warna Cat Rumah yang Terlihat Elegan

Jenis cat rumah ini juga mengering dengan cepat. Setelah diaplikasikan, cat susu hanya butuh waktu satu hingga dua jam untuk mengering. Terutama karena ini adalah jenis cat berpori.

Namun, karena cat ini berpori, maka perlu adanya lapisan lagi untuk menutup dari kotoran, air, debu dan kontaminan lainnya dengan baik. 

Apa perbedaan cat susu dengan jenis cat rumah lainnya?

Pertama, cat susu memiliki tampilan yang lebih kusam dari pada cat kapur.

Kedua, cat susu lebih cepat kering dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan cat minyak. Cat minyak mengeluarkan asap yang memerlukan ventilasi yang sesuai di manapun cat diaplikasikan. 

Ketiga, cat susu tersedia mengeluarkan senyawa organik volatil (VOC) yang rendah bahkan tidak ada sama sekali. Sehingga lebih aman untuk dalam ruangan. 

Itu tadi pengertian cat susu salah satu jenis cat rumah yang aman untuk di dalam rumah. Tapi, menggunakan cat susu lebih mahal karena harus menggunakan pelapis lagi. 

Selanjutnya: 6 Film Tentang Pencarian Orang Hilang Penuh Misteri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta